FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 09-2016

    4544

    Kominfo Pastikan Ketersediaan Informasi dan Akses Wilayah 3T

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Di tengah arus informasi dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya memastikan ketersediaan layanan informasi dan akses komunikasi bagi masyarakat di berbagai pelosok Tanah Air, terutama di daerah perbatasan, tertinggal, terpencil dan terluar.

    "Masyarakat perlu mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi dan memanfaatkan perkembangan teknologinya secara cepat dan berbiaya murah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam peningkatan kualitas hidupnya," jelas Kasubdit Media Online Direktorat Pengelolaan Media Publik, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Nurlaili pada pembukaan Bimtek untuk petugas Pengelola MC Daerah di Surabaya, Rabu (21/09/2016) malam.

    Oleh karena itu, kata Nurlaili, Kemkominfo membantu pembangunan dan penguatan media center di berbagai daerah di Tanah Air sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan informasi dan komunikasi publik melalui pengembangan jaringan pertukaran informasi antara instansi pusat dan daerah.

    Hal ini merujuk pada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 (ps 28 f), Undang - Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan Undang-Undang Nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik.

    Ia mengatakan media center berperan sebagai salah satu simpul pusat pelayanan informasi dan komunikasi publik dalam mengomunikasikan kebijakan publik agar dipahami dan didukung oleh para stakeholder dan shareholder yang kemudian memberikan kontribusi terhadap peningkatan partisipasi publik.

    "Standar pelayanan informasi dan komunikasi publik menjadi penting dilakukan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal," ujar Nurlaili.

    Diharapkan setiap media center dapat mempersiapkan infrastruktur, perangkat-perangkat pendukung, teknologi informatika dan sumber daya manusia yang mampu memberikan pelayanan dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat secara cepat, tepat, akurat dan relevan pada sisi sumber daya manusia.

    "Melalui bimtek ini, kami memberi perhatian penuh pada petugas pengelola media center yang merupakan ujung tombak dari pelayanan informasi dan komunikasi publik bagi masyarakat," katanya.

    Disamping itu, kata Nurlaili, para petugas pengelola media center juga dituntut kreatifitasnya dan berkewajiban memberikan informasi kepada masyarakat di tengah dominasi agenda setting media massa.

    Nurlaili juga menjelaskan portal berita Info Publik yang dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Media Publik Kemkominfo, "Informasi publik yang disajikan melalui portal berita InfoPublik merupakan upaya pemenuhan hak publik untuk tahu, dengan memberikan ragam informasi yang mendidik, mencerahkan, memberdayakan dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air," katanya.

    Menurutnya, melalui portal berita InfoPublik, media center memiliki lebih banyak peluang untuk mengimbangi arus informasi dari agenda setting media massa. Disini para petugas pengelola diharapkan memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengolah data dan informasi yang disajikan dalam bentuk berita dengan gaya jurnalistik online. (YDR)

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA