FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 10-2016

    3422

    Menkominfo Apresiasi Produsen Gawai Penuhi TKDN

    Kategori Berita Kominfo | daon001

    Jakarta, Kominfo -  Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi produsen gawai elektronik yang terapkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri 30%. "Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Lenovo untuk memproduksi smartphone Moto di dalam negeri. Pasalnya kebijakan TKDN  30 persen sebetulnya tidak melulu untuk meningkatkan industri. Akan tetapi bagaimana masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari  hal ini semua," jelasnya di Ruang Serbaguna Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

    Kebijakan TKDN menurut Menteri Rudiantara, sebenarnya ditujukan untuk membentuk kemandirian bangsa Indonesia di sektor industri telekomunikasi. “Sementara untuk memenuhi TKDN produsen bisa memilih dari sisi mana memenuhinya, bisa dari hardware atau software, bahkan bisa keduanya. Sebab ini kebijakan yang mempersiapkan kita untuk memasuki era yang akan datang. Jadi TKDN ini merupakan bentuk kemandirian Indonesia di masa yang akan datang,” tegas Menkominfo.

    Adalah produk ponsel pintar (smartphone) Moto yang diproduksi oleh Lenovo di Serang, Banten bekerja sama dengan mitra lokal PT Tridharma Kencana (TDK). Produk itu telah memenuhi TKDN yang dipersyaratkan pemerintah. "Lenovo bangga bisa menjadi salah satu perusahaan smartphone global yang dapat memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan melakukan pabrikasi di Indonesia," kata Country Lead, Mobile Business Group, Lenovo Indonesia, Adrie Suhadi.

    Menurut Adrie, Indonesia menawarkan peluang pasar yang sangat besar bagi para vendor smartphone termasuk Lenovo. "Lebih dari 100 Juta unit smartphone dikirim ke Asia Tenggara pada tahun 2015. Indonesia adalah pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara dengan prosentasi mencapai hampir 29% dari total pasar Asia Tenggara," tuturnya.

    Sementara itu, Senior Vice President dan Co-President, Mobile Business Group, Lenovo, Aymar de Lencquesaing, menegaskan komitmen untuk mendorong pengembangan industri teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. "Kami senang sekali dapat mengumumkan bahwa kami meningkatkan investasi kami di Indonesia dengan pabrikasi smartphone Moto di dalam negeri, menyusul keberhasilan pabrikasi lokal produk smartphone Lenovo. Hal ini juga menegaskan komitmen kami untuk turut membantu mendorong pengembangan industri teknologi informasi dan komunikasi dalam negeri, dan kepercayaan kami terhadap talenta-talenta lokal untuk memproduksi smartphone Lenovo dan Moto di Indonesia,” kata Aymar. (ddh)

     

     

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA