FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 10-2016

    3515

    Palapa Ring, Keberpihakan Pemerintah Untuk Pemerataan Telekomunikasi

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Sejumlah wilayah perbatasaan di Indonesia yang belum tersambung dengan fasiitas broadband membutuhkan kebijakan afirmatif. “Saya sudah berbicara dengan pihak operator (telekomunikasi), masih ada sekitar 40 kabupaten yang dianggap tidak feasible secara bisnis keuangan. Dan operator menyatakan tidak akan masuk di situ. Disinilah dibutuhkan afirmative policy Pemerintah untuk membangun daerah-daerah yang secara bisnis tidak bisa masuk,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam Press Briefing Dua Tahun Kerja Nyata Pemerintahan Jokowi-JK “Percepatan Pembangunan Infrastruktur” di Kantor Staf Presiden, Bina Graha, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

    Menkominfo Rudiantara memberikan gambaran beberapa daerah yang belum ada operator telekomunikasi yang beroperasi. “Misalkan wilayah Natuna yang sangat strategis tapi tidak ada satu pun yang membangun infrstruktur. Kemudian Miangas yang baru-baru ini mendapatkan kunjungan Presiden Joko Widodo. Sementara, di daerah timur terdapat daerah Tual, Morotai dan Somlaki secara strategis harus dikoodinasi dengan TNI karena menyangkut security,” papar Rudiantara.

    Pembangunan fasilitas broadband dilakukan pemerintah melalui konsep Pembangunan Tol Informasi. Menkominfo Rudiantara menyebut hal itu direalisasikan dengan Palapa Ring yang akan beroperasi Tahun 2019. “Paket Barat sudah mulai pembangunan dan Paket Tengah sudah mulai pembangunan dan Paket Timur sudah  ditandatangani Presiden. Business valuenya sekitar Rp21 Triliun. Kita berharap pada tahun 2019 semua ibukota kota kabupaten dan kota sudah terhubung broadband yang fixed diluar solusi satelit yang tengah disiapkan,” tambah Menkominfo.

    Menteri Rudiantara juga menjelaskan bagaimana upaya pemerintah untuk hadir di daerah perbatasan, khususnya dalam bidang komunikasi dan informatika. “Pembangunan infrastruktur khususnya telekomunikasi jangan lagi sekadar Jawa atau Jawa sentris atau Jakarta sentris. Membangun infrastruktur dalam pemerintahan ini adalah Indonesia Sentris. Ada 112 desa pada tahun ini yang akan dibangun BTS dan beberapa di antaranya sudah on-air," pungkas Rudiantara menutup paparan capaian Kementerian Kominfo dalam dua tahun Pemerintahan Jokowi-JK.

    Press Briefing Dua Tahun Kerja Nyata Pemerintahan Jokowi-JK dipimpin Kepala Staf Presiden Teten Masduki.  Kegiatan itu diisi dengan pemaparan capaian pembangunan di bidang infrastruktur dari enam menteri kabinet kerja, yaitu Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara; Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti; Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman; Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro; Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Jalil dan dua sekjen yaitu Sekjen Kementerian PUPR dan Sekjen Kementerian Perhubungan.

    Jumpa pers yang diselenggarakan di Bina Graha Kepresidenan hari ini memberikan kesempatan media untuk menggali informasi  terkait capaian bidang infrastruktur dari berbagai lini.

    Kabinet saat ini paham, bahwa membangun Indonesia tidak bisa dilakukan secara parsial, membangun Indonesia perlu dilakukan gotong royong dan duduk bersama. “Saya sudah beberapa kali bekerja di pemerintahan, tapi pemerintahan sekarang tergolong unik dan sudah lebih baik”, ungkap Luhut Panjaitan, Menko Maritim.(dps/djikp)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Ibu Dina Budi Arie Serahkan Santunan untuk Sivitas Kominfo

    Penyerahan santunan berupa paket sembako itu ditujukan untuk membantu petugas kebersihan dan penjaga keamanan di lingkungan Kementerian Komi Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA