FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 10-2016

    3530

    Tekan Biaya Logistik Agar e-Commerce Berkembang

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo- Logistik menjadi salah satu isu penting dalam pembangunan e-commerce Indonesia, oleh karena itu salah satu kebijakan pemerintah diarahkan untuk menekan biaya logistik agar e-commerce dapat berkembang."Biaya logistik dalam e commerce sangat tinggi. Besarnya biaya ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan. Sehingga persoalan delivery time menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh pemerintah," jelas Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO, Lies Sutjiati dalam Acara Indonesia Transport Supply Chain & Logistic (ITSCL) dan Jakarta International Logistic Summit & Expo (JILSE) Logistic Summit 2016 di Jakarta, Jumat (21/10/2016).

    Menurut Lies, pemerintah telah melakukan strategi terkait hal ini diantaranya dengan mengundang para player agar biaya logistik bisa turun. "Pemerintah telah melakukan sejumlah inisiatif diantaranya Proyek Tol Laut, Sislognas dan Pos Logistik. Selain itu kita juga memiliki Paket Ekonomi yang bertujuan untuk mempercepat logistik dari desa ke kota," jelasnya.

    Hal itu dilakukan karena pasar e-commerce di Indonesia sangat besar, sehingga Pemerintah mendorong berkembangnya perusahan logistik. "Jika e-commerce kita berkembang, begitu juga dengan logistiknya. Be creative, karena bisnis logistik Indonesia sangat menjanjikan," tegas Lies.

    Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel Pangerapan menegaskan sekitar 10% komponen pertumbuhan e-commerce adalah logistik. Oleh karena itu, pemerintah akan mendorong PT Pos untuk terlibat. "PT Pos mempunyai jaringan yang luas hingga ke kecamatan. Dari sisi infrastruktur juga sudah tersedia. Kami akan membahas lebih lanjut untuk pembaruan PT Pos agar berperan di sisi logistik," ungkap Semuel.

    Perkembangan E-commerce Indonesia

    Pemerintah telah melakukan pemetaan terhadap potensi e-commerce di Indonesia. Saat ini ada 7 isu dan 31 inisitif pada peta jalan (roadmap) e commerce Indonesia. "Dari tujuh isu tersebut ada 31 inisiatif yang sudah dibuat interdependensi. Kita targetkan pada tahun 2020 nilai e-commerce Indonesia bisa mencapai USD 130 miliar. Kita lakukan kerja sama dengan ekosistem player untuk membuat Indonesia menarik bagi investor," ungkap Lies.

    Lebih lanjut Lies menjelaskan bahwa pemerintah memiliki berbagai program untuk mendukung perkembangan e-commerce Indonesia. "Selain program 1000 Teknopreneur, kita memiliki program lain yaitu Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital dimana targetnya adalah 1 juta petani dan nelayan go digital. Kemudian program 8 juta UMKM Go Digital, dan terakhir adalah 187 Kabupaten 3 T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan) menjadi desa broadband terpadu," jelas Lies. (VE)

    Berita Terkait

    Tambahan Uang Jaminan Logistik? Awas Hoaks!

    Konon, uang jaminan akan dikembalikan ke penerima paket. Selengkapnya

    Jadikan Hari Bakti Postel ke-76 Semangat Membangun Inovasi

    Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan peringatan Hari Bhakti Postel Selengkapnya

    Video Wanita Dimakan Buaya Sungai Musi? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan menemukan fakta dari tribunnews.com Selengkapnya

    BPS Siapkan Survei untuk Pemetaan Pelaku E-Commerce Tahun 2021

    Badan Pusat Statistik (BPS) berencana membuat survei pemetaan pelaku e-commerce di tahun 2021. Survei akan banyak menyasar pelaku usaha info Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA