FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 10-2016

    6289

    Informasi Hoax terkait Pengambilan Informasi melalui Sistem Big Data

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta (27 Oktober 2016), Kominfo - Sehubungan dengan beredarnya informasi hoax mengenai rencana Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas)  yang akan mengambil semua informasi percakapan melalui media sosial seperti Whatsapp, BBM, Telegram, Line, dll. yang masuk secara otomatis ke System Big Data Cyber Security (BDCS).

    Maka Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan bahwa informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau merupakan informasi hoax. Teknologi Big Data sendiri merupakan teknologi pengolah data yang telah umum diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat termasuk di Indonesia, yang digunakan untuk kepentingan korporasi maupun pemerintahan.

    Penerapan teknologi Big Data disertai pembatasan yang berdasarkan peraturan perundangan-undangan antara lain UU ITE, UU Telekomunikasi, UU Keterbukaan Informasi Publik, UU Perbankan, UU Perlindungan Konsumen, dan sebagainya. Hal ini dilakukan dalam upaya melindungi Hak Asasi Warga Negara.

    Pada prinsipnya pemerintah memberikan perlindungan terhadap privasi dan kebebasan berekspresi. Selain itu Indonesia juga menjunjung tinggi penegakan Hak Asasi Manusia melalui peraturan perundang-undangan yang ada.

    Untuk itu Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat tidak terpengaruh informasi yang menyesatkan tersebut dan dapat bijak dalam menggunakan media sosial. (*VE)

     

    Sumber foto: Big Data Institute

    Berita Terkait

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Vaksin CDC Terkait Kenaikan Kasus Autisme

    Konon, unggahan itu disertai keterangan vaksin Covid-19 dan autisme memiliki hubungan kausalitas. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA