FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 12-2016

    5680

    Aset Bangsa, Penyandang Disabilitas Punya Hak Sama

    Kategori Berita Kominfo | daon001

    Tangerang Selatan,Kominfo-Dalam rangka akselerasi dan pemanfaatan TIK secara inklusif seluruh lapisan masyarakat khususnya untuk disabilitas, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI)Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Jambore Teknologi Informasi (TI) bagi Generasi Muda Penyandang Disabilitas tahun 2016.

              Sekretaris Jendral Kominfo, Farida Dwi Cahyani mengatakan dalam sambutan menutup acara Jambore TI 2016, jumat 2/12, : “Bahwa tujuan Jambore ini adalah 1) Memberi wawasan atas potensi TI bagi kalangan disabilitas agar penyandang disabilitas memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengembangkan semaksimal mungkin potensi melalui TIK; 2) Memberi wawasan kepada nondisabilitas mengenai assistive technology yang diperlukan disabilitas untuk dikembangkan bersama dengan melibatkan semua kalangan dalam proses pembangunan inklusif”.

      Dikatakan pula oleh Sekjen bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban universal telekomunikasi dan informatika yang diatur Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 25 tahun 2015 Pasal 3 ayat (1) juncto Pasal 4 ayat (2) yang menyatakan bahwa Pelaksanaan Kewajiban Pelayanan Universal Telekomunikasi dan Informatika diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dengan ketidakmampuan meliputi kelompok masyarakat penyandang disabilitas.

    Farida juga berharap kegiatan ini mampu menunjang Hak Penyandang Disabilitas seperti yang terdapat pada  Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

    Diakhir sambutannya Sekjen Kominfo meungcapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, dalam pelaksanaan kerjasama pengembangan SDM bagi kalangan penyandang disabilitas ini. Saya harapkan kerjasama ini dapat diikuti juga oleh para pemangku kepentingan lainnya. Tak lupa, saya sampaikan selamat jalan kepada para peserta yang telah datang dari berbagai penjuru tanah air dan juga terima kasih kepada Instruktur TOT ini, saya mengharapkan semangat dan partisipasi Anda akan memberi peluang bagi Adik-adik untuk berkarya dalam memajukan Indonesia. Semoga kita semua selamat sampai di tujuan dan segera mengamalkan ilmu yang kita peroleh untuk masyarakat.(ddh)

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! BI Tak Layani Penukaran Uang Baru Idulfitri Tahun Ini

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, narasi soal BI tidak melayani penukaran uang baru untuk Idul Selengkapnya

    Awas Hoaks! Banjir Bandang Bikin Pemukiman Warga Tangerang Jebol

    Faktanya dalam video tersebut narator hanya membaca ulang artikel milik antaranews.com berjudul “543 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di T Selengkapnya

    Awas Hoaks! Banjir Bandang Hancurkan Puluhan Rumah di Provinsi DKI Jakarta

    Ternyata klaim pada unggahan tersebut adalah keliru dan merupakan konten yang dimanipulasi. Selengkapnya

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA