FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
12 01-2017

1359

Menkominfo Janjikan Konektivitas Internet Puskesmas di Daerah Tertinggal

Kategori Berita Kementerian

Jakarta, Kominfo- Menteri Komunikasi dan Informatika menyatakan komitmennya membangun akses internet untuk pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di daerah tertinggal. “Mari berpikir pragmatis untuk fokus membangun konektivitas internet di daerah tertinggal yang disebutkan pada Perpres 131 Tahun 2015. Kominfo akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk melakukan pemetaan 122 kabupaten yang masuk sebagai daerah tertinggal untuk membangun akses internet,” tegas Rudiantara pada Public Expose “Nusantara Sehat" di Usmar Ismail Hall Jakarta, Kamis (12/01/2017).

Selain itu, Rudiantara menjelaskan perlu dilakukan pengembangan aplikasi kesehatan untuk masyarakat. “Kita coba ajak masyakat untuk kembangkan aplikasi yang dibutuhkan, karena mereka yang lebih tahu aplikasi kesehatan apa yang dibutuhkan. Saat ini  kita memiliki aplikasi Hello Doctor untuk memudahkan masyarakat berkonsultasi dengan dokter. Untuk itu saya mendorong munculnya aplikasi kesehatan lainnya,” jelasnya.

Menurut Menteri Rudiantara, permasalahan kesehatan di Indonesia saat ini menjadi persoalan lintas sektoral, tidak hanya Kementerian Kesehatan saja. Sehingga setiap aspek isu kesehatan saling terkait dan membutuhkan sinergi, komitmen dan upaya lintas sektor agar target pembangunan kesehatan tercapai. "Melalui Program Nusantara Sehat diharapkan mampu melaksanakan program secara terintegrasi dan memberikan pelayanan kesehatan secara optimal khususnya di daerah terpinggir," tuturnya.

Menkominfo berharap pemerintah mampu membangun sistem kesehatan yang lebih baik. “Saat ini kita tidak lagi hanya berpikir sektoral, tapi harus terintegrasi antar Kementerian. Semua harus berangkat dari sisi masyarakat. Make it simple, kita lihat berapa puskesmas pada titik merah yang belum terhubung internet, kemudian kita akan membangun akses internet di sana,” pungkasnya.(VE)

comments powered by Disqus