FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
14 02-2017

953

Workshop I Kaji Ulang SKKNI Bidang Multimedia

Kategori Berita Kementerian | Diani Hutabarat

Jakarta, Kominfo - Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan Workshop I Kaji Ulang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Multimedia di Hotel Grand Cemara, Jakarta, Selasa (14/02/2017).

Kepala Badan Litbang SDM yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi, Gati Gayatri dalam sambutannya mengatakan Kementerian Kominfo selaku instansi teknis pembina sektor komunikasi dan informatika bertanggung jawab dalam memfasilitasi atau mendorong asosiasi profesi/industri dan/atau pemangku kepentingan untuk menyusun dan mengembangkan SKKNI di sektor Kominfo.

"Kegiatan workshop kaji ulang SKKNI bidang multimedia ini dipandang sangat perlu dilakukan karena dari segi teknis kegiatan yang disusun dan ditetapkan sejak tahun 2007 ini harus dikaji ulang karena adanya perubahan teknologi yang signifikan", jelasnya.

Lebih lanjut Gati mengatakan SKKNI  menjadi standar prioritas karena dapat menjadi acuan kurikulum pelatihan dan pengembangan SDM profesi. "Lembaga pendidikan sangat mengharapkan adanya SKKNI", imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Profesi Komunikasi Pusbang Literasi dan Profesi, Baso Saleh menambahkan kegiatan kaji ulang SKKNI bidang multimedia ini bertujuan untuk menghasilkan kebaharuan pada dokumen SKKNI Multimedia. "Dari tujuan tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu prasarana dalam pengembangan profesi SDM berkualitas dibidang multimedia, baik di industri, lembaga pelatihan, lembaga pendidikan dan berbagai pihak", tambahnya.

Selain itu Baso Saleh menjelaskan Workshop I ini merupakan tahap awal dalam rangkaian proses Kaji Ulang SKKNI bidang Multimedia. "Secara keseluruhan kegiatan inu akan diselenggarakan dalam 4 tahap yakni Workshop I, Workshop II, Pra Konvensi dan Konvensi", jelasnya.

Lebih lanjut Baso mengharapkan Workshop I Kaji Ulang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Multimedia dapat tercipta konsep awal yang semakin baik, kesamaan persepsi dan pemahaman serta kesepakatan di kalangan peserta mengenai arah pengempangan profesi bidang multimedia.

Workshop I Kaji Ulang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Multimedia mengundang 40 orang peserta yang berasal dari perwakilan asosiasi industri, asosiasi profesi, akademisi, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan instansi pemerintah. (RPS)

 

Berita Terkait

Percepat Sertifikasi Kompetensi, Kominfo Uji 76 Lulusan Pendidikan Multimedia

Sebanyak 76 orang lulusan SMK, D3, D4 dan S1 mengikuti Sertifikasi Kompetensi Bidang Komunikasi Grafis dan Multimedia yang diselenggarakan Selengkapnya

Kominfo Sosialisasi SKKNI dan KKNI Bidang Informatika

Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika mengelar Sosialisasi Peta Selengkapnya

Anggota DPR RI Apresiasi Sertifikasi SKKNI Bidang Informatika di Mataram

Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Syafrudin mengapresiasi pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI Bidang Informatika. Menurutnya ke Selengkapnya

Balitbang SDM Sosialisasi SKKNI Bidang Komunikasi

Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Sosialisasikan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Komunikas Selengkapnya

comments powered by Disqus