FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 02-2017

    3223

    Menkominfo Saksikan Peluncuran Satelit Telkom 3S

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo- Menteri Komunikasi dan Informatika menyaksikan detik-detik peluncuran satelit Telkom 3S di TSO Telkom Indonesia, Jakarta, Rabu (15/02/2017).

    Menkominfo menyambut baik peluncuran satelit Telkom 3S itu. Menurutnya kehadiran Telkom 3S sangat dibutuhkan. "Sebab, Indonesia kekurangan pasokan satelit untuk memenuhi kebutuhan, baik pemerintah maupun industri. Tercatat, dari kebutuhan 300 transponder satelit, baru 160 transponder yang bisa dipenuhi dalam negeri," katanya.

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan satelit Telkom 3S dari Guiana Space Center, Kourou, Guiana Perancis, Rabu (15 Februari 2017), pukul 04.39 WIB. Satelit itu merupakan satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia yang akan ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran dengan sumbu rotasi sama dengan bumi.

    Dalam rilis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinyatakan peluncuran Telkom 3S merupakan salah salah satu perwujudan Nawacita poin ke satu yaitu melindungi warga negara melalui keamanan nasional dan pembangunan pertahanan  serta memperkuat jati diri sebagai negara maritim dan poin ke tiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat berbagai daerah dalam rangka negara kesatuan.

    Sistem komunikasi satelit yang berkualitas merupakan solusi tepat sebagai komplementer sistem terestrial agar mampu memberikan layanan telekomunikasi di area terluar, terdepan, dan terpencil di seluruh Indonesia.

    Diperkirakan, dengan kehadiran Telkom 3S akan dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur di daerah yang belum terjangkau oleh jaringan teresterial sehingga mampu menghapus kesenjangan akses informasi di dua pertiga wilayah Indonesia yang belum terjangkau sistem komunikasi terestrial.

    Satelit Telkom 3S memiliki keunggulan dalam penyediaan layanan siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, broadband internet, serta sistem komunikasi VSAT yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Tak hanya itu, layanan Telkom 3S memiliki bit-rate lebih tinggi, sehingga menghasilkan kualitas komunikasi yang lebih baik. Hal itu dimungkinkan karena Telkom 3S membawa 49 transponder ke slot orbit 118 derajat Bujur Timur. (MTH)

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA