FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 02-2017

    2028

    Menkominfo Saksikan Peluncuran Satelit Telkom 3S

    KategoriBerita Kementerian | vera002

    Jakarta, Kominfo- Menteri Komunikasi dan Informatika menyaksikan detik-detik peluncuran satelit Telkom 3S di TSO Telkom Indonesia, Jakarta, Rabu (15/02/2017).

    Menkominfo menyambut baik peluncuran satelit Telkom 3S itu. Menurutnya kehadiran Telkom 3S sangat dibutuhkan. "Sebab, Indonesia kekurangan pasokan satelit untuk memenuhi kebutuhan, baik pemerintah maupun industri. Tercatat, dari kebutuhan 300 transponder satelit, baru 160 transponder yang bisa dipenuhi dalam negeri," katanya.

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan satelit Telkom 3S dari Guiana Space Center, Kourou, Guiana Perancis, Rabu (15 Februari 2017), pukul 04.39 WIB. Satelit itu merupakan satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia yang akan ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran dengan sumbu rotasi sama dengan bumi.

    Dalam rilis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinyatakan peluncuran Telkom 3S merupakan salah salah satu perwujudan Nawacita poin ke satu yaitu melindungi warga negara melalui keamanan nasional dan pembangunan pertahanan  serta memperkuat jati diri sebagai negara maritim dan poin ke tiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat berbagai daerah dalam rangka negara kesatuan.

    Sistem komunikasi satelit yang berkualitas merupakan solusi tepat sebagai komplementer sistem terestrial agar mampu memberikan layanan telekomunikasi di area terluar, terdepan, dan terpencil di seluruh Indonesia.

    Diperkirakan, dengan kehadiran Telkom 3S akan dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur di daerah yang belum terjangkau oleh jaringan teresterial sehingga mampu menghapus kesenjangan akses informasi di dua pertiga wilayah Indonesia yang belum terjangkau sistem komunikasi terestrial.

    Satelit Telkom 3S memiliki keunggulan dalam penyediaan layanan siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, broadband internet, serta sistem komunikasi VSAT yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Tak hanya itu, layanan Telkom 3S memiliki bit-rate lebih tinggi, sehingga menghasilkan kualitas komunikasi yang lebih baik. Hal itu dimungkinkan karena Telkom 3S membawa 49 transponder ke slot orbit 118 derajat Bujur Timur. (MTH)

    Berita Terkait

    Potensi Besar, Menkominfo Dorong Anak Muda Buat Gim

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendorong anak muda untuk membuat gim. Pasalnya industri gim dan esports di Indonesia memiliki Selengkapnya

    Pemkab Nias Selatan Apresiasi Pelaksanaan Sail Nias 2019

    Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat, atas terpilihnya Kabupaten Nias Sela Selengkapnya

    Menkominfo: Jangan Mengaku Diplomat Kalau Tak Punya Akun Sosmed

    Kehadiran teknologi digital diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para diplomat. Teknologi digital menurut Menteri Komunikasi dan Informatika R Selengkapnya

    Gandeng Warganet, Kominfo Promosikan Pameran KriyaNusa 2019

    Guna mempromosikan gelaran Pameran KriyaNusa 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 11-15 September 2019 di Balai Kartini Jakarta, Kementer Selengkapnya