FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
15 02-2017

1276

Menkominfo Saksikan Peluncuran Satelit Telkom 3S

Kategori Berita Kementerian | vera002

Jakarta, Kominfo- Menteri Komunikasi dan Informatika menyaksikan detik-detik peluncuran satelit Telkom 3S di TSO Telkom Indonesia, Jakarta, Rabu (15/02/2017).

Menkominfo menyambut baik peluncuran satelit Telkom 3S itu. Menurutnya kehadiran Telkom 3S sangat dibutuhkan. "Sebab, Indonesia kekurangan pasokan satelit untuk memenuhi kebutuhan, baik pemerintah maupun industri. Tercatat, dari kebutuhan 300 transponder satelit, baru 160 transponder yang bisa dipenuhi dalam negeri," katanya.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan satelit Telkom 3S dari Guiana Space Center, Kourou, Guiana Perancis, Rabu (15 Februari 2017), pukul 04.39 WIB. Satelit itu merupakan satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia yang akan ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran dengan sumbu rotasi sama dengan bumi.

Dalam rilis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinyatakan peluncuran Telkom 3S merupakan salah salah satu perwujudan Nawacita poin ke satu yaitu melindungi warga negara melalui keamanan nasional dan pembangunan pertahanan  serta memperkuat jati diri sebagai negara maritim dan poin ke tiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat berbagai daerah dalam rangka negara kesatuan.

Sistem komunikasi satelit yang berkualitas merupakan solusi tepat sebagai komplementer sistem terestrial agar mampu memberikan layanan telekomunikasi di area terluar, terdepan, dan terpencil di seluruh Indonesia.

Diperkirakan, dengan kehadiran Telkom 3S akan dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur di daerah yang belum terjangkau oleh jaringan teresterial sehingga mampu menghapus kesenjangan akses informasi di dua pertiga wilayah Indonesia yang belum terjangkau sistem komunikasi terestrial.

Satelit Telkom 3S memiliki keunggulan dalam penyediaan layanan siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, broadband internet, serta sistem komunikasi VSAT yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Tak hanya itu, layanan Telkom 3S memiliki bit-rate lebih tinggi, sehingga menghasilkan kualitas komunikasi yang lebih baik. Hal itu dimungkinkan karena Telkom 3S membawa 49 transponder ke slot orbit 118 derajat Bujur Timur. (MTH)

Berita Terkait

Menkominfo: Pasar Halal Indonesia Punya Peluang Besar

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan kebutuhan dan peluang akan pasar halal di Indonesia sangat luar biasa. Terdapat gap Selengkapnya

Pastikan Perangkat Telekomunikasi Aman, SDPPI Perkuat Laboratorium Uji

Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan ke depan pihaknya akan fokus pada upaya menjaga kualitas hasil uji perangkat telekomunika Selengkapnya

Menkominfo: Tugas Saya Pastikan Masa Depan Ekonomi Digital Indonesia!

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan saat ini di Indonesia terjadi percepatan ekonomi digital. Di tengah percepatan itu, Selengkapnya

Pemerintah Dorong Perbankan Kembangkan Teknologi Layanan

Pemerintah terus berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan perbankan. Salah satunya adalah mendorong dunia perbankan untuk men Selengkapnya

comments powered by Disqus