FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 02-2017

    1089

    Menkominfo: Pemenang 2,1 GHz dan 2,3 GHz Diketahui Tengah Tahun Ini

    Kategori Sorotan Media | tunisah

    Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan tender pita frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz akan segera diketahui pemenangnya, tepatnya pada pertengahan tahun 2017 ini. 

    Rudiantara menuturkan sebelum diketahui pemenang dari tender 2,1 GHz dan 2,3 GHz, pemerintah akan mengeluarkan aturan berupa Peraturan Menteri (Permen) di bulan Maret 2017.

    "Maret kita keluarkan aturannya, pertengahan tahun akan ketahuan siapa pemenang tender dari 2,1 GHz dan 2,3 GHz," ujar Rudiantara di acara diskusi telekomunikasi 2017 yang digelar Telco Editor Forum di Balai Kartini, Jakarta, Senin, 20 Februari 2017.

    Rudiantara menjelaskan kenapa memilih tender melalui beauty contest ketimbang lelang, karena untuk beauty contest pemerintah bisa memilih operator yang benar-benar membutuhkan tambahan alokasi frekuensi.

    Sementara untuk proses lelang cenderung tak diamini olehnya. Sebab menurutnya, lelang akan memunculkan pemenang berdasarkan kekuatan modal daripada kebutuhan kapasitas.

    Setelah diketahui hasil tender tersebut, nanti dilanjutkan dengan proses refarming. Proses tersebut berdasarkan pemenang blok kosong dan kesepakatan antar operator.

    "Dilakukan refarming ini butuh waktu, tapi tidak selama refarming di 1800 MHz, karena kita sudah pengalaman," ucap Rudiantara dengan optimis.

    Seperti diketahui, saat ini spektrum 2,1 GHz yang memiliki total lebar spektrum 60 MHz, telah ditempati oleh Hutchison 3 Indonesia (Tri) di blok 1 dan 2 (10 MHz), Telkomsel di blok 3, 4, dan 5 (15 MHz), Indosat Ooredoo di blok 6 dan 7 (10 MHz), serta XL Axiata di blok 8, 9, dan 10 (15 MHz).

    Sementara blok kanal 11 dan 12 yang tersisa alias masih lowong saat ini, merupakan bekas peninggalan Axis Telekomunikasi Indonesia yang dikembalikan ke pemerintah setelah perusahaannya resmi diakuisisi oleh XL pada 2014 lalu.

    Adapun frekuensi 2,3 GHz, dari total 90 MHz di spektrum itu tersedia 30 MHz yang masih bisa diperebutkan. Sisanya telah ditempati Smartfren Telecom (30 MHz secara nasional) dan selebihnya oleh beberapa pemain broadband wireless access (BWA) seperti Internux dengan merek Bolt (berbasis zona wilayah). (fyk/fyk)

    Sumber: https://inet.detik.com/telecommunication/d-3427027/menkominfo-pemenang-21-ghz-dan-23-ghz-diketahui-tengah-tahun-ini

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA