FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2017

    1982

    Tumpas hoax, Kominfo gandeng Twitter

    Kategori Sorotan Media | rosidah

    JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus memperluas kerjasamanya dengan pemain Over The Top (OTT) untuk memberantas berita palsu (Hoax) di media sosial.

    "Setelah bertemu Facebook pada 14 Februari lalu, sekarang perwakilan Twitter (Kathleen Reen/Twitter Asia Pasifik) datang ke Kominfo untuk bahas berantas Hoax," ungkap Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Semuel Abrijani Pangerapan, di Jakarta, Senin (20/2).

     

    Pertemuan itu juga dihadiri Menkominfo Rudiantara dan dari Twitter Indonesia Agung Witjaksono.

    Dikatakannya, Twitter berjanji akan meningkatkan sistem layanannya untuk memberantas penyebaran berita hoax. "Twitter berjanji akan mempercepat proses dalam menghapus dan memblokir konten tak pantas. Mereka selama ini ada sistem, kita minta lebih cepat dari 1 x 24 jam sudah ambil action soal konten tak pantas," katanya.

     

    Dijelaskannya, Kominfo akan bekerja sama dengan tim review dari Twitter untuk menghalau penyebaran berita hoax seperti ujaran kebencian dan status yang membahayakan orang lain. Dengan langkah tersebut diharapkan proses penanganan konten negatif akan menjadi lebih cepat.

     

    "Mereka akan ada tim khusus untuk review konten agar paham konteks di Indonesia. Ada sekitar 35 juta akun twitter aktif di Indonesia, Ini harus ditangani dengan serius," tutupnya.

     

    Sebelumnya, Rudiantara mengatakan hoax bukan hanya isu di Indonesia, karena sudah menjadi isu global dan penyelesaiannya juga tidak hanya menyelesaikan dengan ala Indonesia. "Kita juga harus bisa mengadopsi dan memanfaatkan strategi dari Internasional,” ungkapnya.

    Sumber: http://www.indotelko.com/kanal?c=in&it=kominfo-gandeng-twitter

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA