FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2017

    1434

    Kominfo Pastikan Tender Frekuensi 2,3 GHz dan 2,1 GHz Terlaksana

    Kategori Sorotan Media | rosidah

    Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan tender tambahan frekuensi 2,3 GHz dan 2,1 GHz tetap terlaksana pada semester I 2017.

    “Tender untuk dua band itu pasti terlaksana. Kemarin itu kan terlambat menunggu Smartfren selesai keluar dari 1.900 MHz saja,” ungkap Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail kepada IndoTelko, pekan lalu.

    Ditambahkannya, dalam tender itu nantinya untuk frekuensi 2,3 GHz kemungkinan yang dilepas adalah sekitar 15 Mhz, sementara untuk 2,1 GHz dilepas dua blok yang tersisa. “Detailnya nanti diinfo perkembangan,” tutupnya.

    Secara terpisah, Plt. Kepala Biro Humas Kominfo Noor Iza mengatakan saat ini tengah disiapkan  Rancangan Peraturan Menteri (RPM) Komunikasi dan Informatika tentang Netral Teknologi Untuk Pita Frekuensi Radio 450 MHz, 2.1 GHz, dan 2.3 GHz.

    “Tujuan dari penyusunan RPM tentang Netral Teknologi Untuk Pita Frekuensi Radio 450 MHz, 2.1 GHz, dan 2.3 GHz adalah untuk meningkatkan efisiensi dan optimalisasi penggunaan spectrum frekuensi, mendorong perkembangan dan inovasi teknologi, mendukung pengembangan industri dalam negeri, dan memberikan manfaat yang sebebsar-besarnya bagi masyarakat,” kata Noor.

    Menurutnya, manfaat penyusunan RPM tentang Netral Teknologi Untuk Pita Frekuensi Radio 450 MHz, 2.1 GHz, dan 2.3 GHz adalah agar penyelenggara dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat seperti kecepatan akses dan kapasitas.

    Hal-hal yang menjadi pengaturan baru dalam RPM ini yaitu memberikan kebebasan dalam memilih teknologi sesuai dengan izin penyelenggaraannya. Sedangkan hal-hal yang dihilangkan dari pengaturan yang existing adalah ketentuan keterikatan teknologi yang telah ditentukan.

    “Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Mengenai Netral Teknologi Untuk Pita Frekuensi Radio 450 MHz, 2.1 GHz, dan 2.3 GHz mulai dari tanggal 17 – 27 Februari 2017,”pungkas Noor.(id)

    Sumber: http://www.uzone.id/kominfo-pastikan-tender-frekuensi-2-3-ghz-dan-2-1-ghz-terlaksana

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo imbau masyarakat akses sumber resmi untuk vaksin COVID-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengimbau masyarakat untuk dapat menanyakan dan memperoleh informasi seputar vaksin COVI Selengkapnya

    Kominfo dukung perempuan di industri teknologi lewat Girls4tech

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung perempuan di industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan mendorong k Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA