FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2017

    1585

    Kominfo dan Twitter Kerja Sama Atasi Hoax

    Kategori Sorotan Media | rosidah

    TEMPO.COJakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan penyedia aplikasi Twitter mengatasi maraknya berita bohong (hoax) dan penyebaran terorisme. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan keduanya bakal mensosialisasikan literasi media.

    "Kami punya keprihatinan yang sama tentang sosial media dengan banyaknya fakenews, terorisme di sosial media dan konten berbau SARA dan kekerasan di Twitter," kata Samuel di kantor Kominfo, Jakarta, Senin 20 Februari 2017.

    Samuel mengatakan persoalan akun palsu Twitter dapat diatasi dengan verifikasi akun. Melalui fitur itu, Twitter mampu mendeteksi keberadaan akun yang digandakan. "Kalau sudah verifikasi, ada centangnya tanda biru. Itu yang kita sosialisasi, kalau mau akunnya diverifikasi." 

    Selain itu, Samuel menjelaskan kerja sama itu juga mencakup peningkatan layanan publik dan wilayah layanan (service travel). Kerja sama ini juga untuk mengantisipasi pelanggaran hukum dalam penggunaan media sosial. "Ini jika ada pelanggaran hukum yang ada di Indonesia." 

    Twitter, kata dia, juga akan mensosialisasikan pendidikan literasi dalam memerangi berita bohong, aktivitas terorisme, dan akun yang mempromosikan kebencian. "Itu sudah menjadi policy mereka. Jadi kalau ada laporan, take actionnya lebih cepat," kata dia.

    Meskipun begitu, tidak seperti dalam penanganan terorisme, penindakan terhadap keberadaan akun hoax masih harus berdasarkan laporan masyarakat. "Kalau kekerasan dan terorisme mereka punya mesin pencari sendiri. Kalau yang lain harus berdasarkan laporan," ujar Samuel.

    Sumber: https://m.tempo.co/read/news/2017/02/20/078848364/kominfo-dan-twitter-kerja-sama-atasi-hoax

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA