FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2017

    14367

    Langkah Ampuh Mendeteksi Berita Hoax (1)

    Kategori Sorotan Media | rosidah

    JAKARTA – Berita bohong (hoax) atau fake news sedang menjadi perhatian besar di seluruh dunia. Dampak dari informasi hoaxrupanya lebih besar dari apa yang pernah terpikirkan.

    Berbagai langkah kini dilakukan agar masyarakat tidak lagi mudah tertipu dengan berita-berita palsu yang dengan mudah masuk ke linimasa pengguna media sosial. Salah satu caranya adalah dengan literasi media online.

    Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers pasca-pertemuan dengan perwakilan Twitter Asia Pasifik, mengatakan bahwa literasi sangatlah penting untuk memerangi penyebaran berita hoax.

    “Jangan-jangan penyebaran berita hoax ini karena masyarakatnya kurang melek media? Kalau sudah pintar kan enggak mungkin dengan mudah dibohongi. Oleh karena itu, literasi media itu sangat penting,” ujarnya.

    Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh sebelum memercayai kemudian membagikan sebuah berita. Cara ini dapat digunakan untuk memastikan bahwa berita yang Anda baca benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

     Amati URL-nya

    Apakah Anda pernah melihat alamat URL yang aneh seperti com.co? Link yang aneg atau typo biasanya tidak dapat dipercaya. Anda perlu mengecek bagian ‘about’ atau ‘contact’. Jika situs tersebut dapat dipercaya, mereka akan mencantumkan alamat redaksi atau kelembagaan.

    Sumber Berita

    Anda perlu memerhatikan sumber berita yang sedang dibaca. Menurut penelitian Mastel, media sosial menjadi sarana yang paling banyak digunakan untuk menyebarkan berita hoax yakni 31,9%.

    "Berdasarkan sumber penyebarannya, media sosial seperti Facebook dan Twitter menyumbang peredaran hoax sebesar 31,9%," ungkap Teguh Prasetya Ketua Bidang Strategis Mastel.

    Memancing Emosi

    Apakah judul dari berita atau artikel yang Anda baca terasa memprovokasi? Bisa jadi artikel itu tidak bisa dipercaya. Laporan palsu sering menargetkan emosi dengan klaim aneh atau kata-kata tidak patriotik atau bahasa yang hiperbola. Jika akal sehat memberitahu Anda itu tidak mungkin benar, berita itu kemungkinan memang tidak benar.

    Sumber: http://techno.okezone.com/read/2017/02/21/207/1624054/langkah-ampuh-mendeteksi-berita-hoax-1

    Berita Terkait

    Prangko, Salah Satu Media Visualisasi Peristiwa Bersejarah Bangsa

    Sejarah panjang penggunaan prangko membuktikan bahwa prangko tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran pengiriman pos, tetapi juga menja Selengkapnya

    Langkah Kominfo percepat digitalisasi di era normal baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan langkah yang dapat ditempuh sektor Teknologi Informatika (TIK) untuk mempe Selengkapnya

    Palapa Ring Rampung, Tarif Internet Se-Indonesia Bisa Satu Harga

    Rampungnya Palapa Ring Timur disebut dapat mendorong tarif telekomunikasi yang lebih murah, terutama untuk pengguna di wilayah Timur Indones Selengkapnya

    Begini Ketatnya Akses di Markas Mesin Ais si Pendeteksi Hoax

    Lokasinya terselubung dan sulit diakses sembarang orang mungkin cukup menggambarkan keberadaan ruang pengoperasian Mesin Ais. Alat ini diman Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA