FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
22 02-2017

1055

Pita 2,1 GHz dan 2,3 GHz Siap Dilelang, Ini Tujuannya

Kategori Sorotan Media | rosidah

Jakarta - Proses tender untuk blok kosong di pita frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz bertujuan mengatasi permasalah kapasitas yang dialami operator seluler. Hal ini dilakukan terutama area kota-kota besar yang telah mengalami status congest (padat).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan, kota-kota besar di Indonesia telah mendorong operator untuk menyediakan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya. 

"Intinya ini betul-betul isu kapasitas, bukan coverage," ujar Rudiantara di acara diskusi telekomunikasi 2017 yang digelar oleh Telco Editor Forum di Balai Kartini, Jakarta, Senin, (20/2/2017).

Dikatakan Rudiantara, blok kosong di dua spektrum tersebut ditujukan pada operator seluler yang kondisinya 'haus' kapasitas, bukan ingin memperluas coverage.

"Peminatnya saya batasi, kembali ke permasalahan tadi, saat ini permasalahannya di 2,1 GHz dan 2,3 GHz itu teknis untuk masalah kapasitas, hanya dialokasikan yang bermasalah kapasitasnya, ini bukan untuk solusi coverage," tuturnya.

Dikatakan pria yang disapa Chief RA ini, tender spektrum 2,1 GHz dan 2,3 GHz akan dilakukan bersamaan. Sebelumnya, akan dibentuk dahulu aturannya berupa Peraturan Menteri (Permen) soal tender yang diharapkan rampung pada Maret. Setelah itu, baru dilakukan tender dalam skema lelang.

Selanjutnya, pada pertengahan 2017, bisa diketahui pemenang dari blok kosong, baik di 2,1 GHz dan 2,3 GHz. Sekedar informasi, di 2,1 GHz ada dua blok tanpa penghuni, yaitu di blok 11 dan 12 yang masing-masing selebar 5 MHz. Sedangkan untuk 2,3 GHz dari total 30 MHz yang kosong, yang dilelang hanya 15 MHz.

Tahap berikutnya, setelah ditemukan pemenang tender dari blok kosong, maka dilakukanlah refarming (penataan ulang). Rudiantara mengatakan, proses refarming akan jauh lebih cepat dari sebelumnya.

"Dilakukan refarming ini butuh waktu, tapi tidak selama refarming di 1800 MHz, karena kita sudah pengalaman," tutupnya.

Sumber: https://inet.detik.com/telecommunication/d-3427445/pita-21-ghz-dan-23-ghz-siap-dilelang-ini-tujuannya

Berita Terkait

Lelang Frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz Dimenangkan 3 Operator

Lelang Frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz menjadi topik yang cukup hangat diikuti pada 2017. Awalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kom Selengkapnya

Desa Broadband Terpadu Diresmikan, Ini Harapan Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mangatakan masyarakat desa untuk dapat memanfaatkan internet agar digunakan untuk hal-hal yang Selengkapnya

Darmin, Sri Mulyani dan BI Rapat Soal e-Commerce, Ini Hasilnya

Pemerintah terus berupaya menciptakan level of playing field atau kesetaraan bagi pelaku usaha baik yang online atau (e-commerce) dengan pel Selengkapnya

Pemerintah Mau Hubungkan 80 Ribu Sekolah dengan Internet

Saat ini, masih banyak sekolah yang tersebar di Indonesia belum mendapatkan koneksi internet. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkom Selengkapnya

comments powered by Disqus