FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
22 02-2017

963

Pita 2,1 GHz dan 2,3 GHz Siap Dilelang, Ini Tujuannya

Kategori Sorotan Media | rosidah

Jakarta - Proses tender untuk blok kosong di pita frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz bertujuan mengatasi permasalah kapasitas yang dialami operator seluler. Hal ini dilakukan terutama area kota-kota besar yang telah mengalami status congest (padat).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan, kota-kota besar di Indonesia telah mendorong operator untuk menyediakan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya. 

"Intinya ini betul-betul isu kapasitas, bukan coverage," ujar Rudiantara di acara diskusi telekomunikasi 2017 yang digelar oleh Telco Editor Forum di Balai Kartini, Jakarta, Senin, (20/2/2017).

Dikatakan Rudiantara, blok kosong di dua spektrum tersebut ditujukan pada operator seluler yang kondisinya 'haus' kapasitas, bukan ingin memperluas coverage.

"Peminatnya saya batasi, kembali ke permasalahan tadi, saat ini permasalahannya di 2,1 GHz dan 2,3 GHz itu teknis untuk masalah kapasitas, hanya dialokasikan yang bermasalah kapasitasnya, ini bukan untuk solusi coverage," tuturnya.

Dikatakan pria yang disapa Chief RA ini, tender spektrum 2,1 GHz dan 2,3 GHz akan dilakukan bersamaan. Sebelumnya, akan dibentuk dahulu aturannya berupa Peraturan Menteri (Permen) soal tender yang diharapkan rampung pada Maret. Setelah itu, baru dilakukan tender dalam skema lelang.

Selanjutnya, pada pertengahan 2017, bisa diketahui pemenang dari blok kosong, baik di 2,1 GHz dan 2,3 GHz. Sekedar informasi, di 2,1 GHz ada dua blok tanpa penghuni, yaitu di blok 11 dan 12 yang masing-masing selebar 5 MHz. Sedangkan untuk 2,3 GHz dari total 30 MHz yang kosong, yang dilelang hanya 15 MHz.

Tahap berikutnya, setelah ditemukan pemenang tender dari blok kosong, maka dilakukanlah refarming (penataan ulang). Rudiantara mengatakan, proses refarming akan jauh lebih cepat dari sebelumnya.

"Dilakukan refarming ini butuh waktu, tapi tidak selama refarming di 1800 MHz, karena kita sudah pengalaman," tutupnya.

Sumber: https://inet.detik.com/telecommunication/d-3427445/pita-21-ghz-dan-23-ghz-siap-dilelang-ini-tujuannya

Berita Terkait

Lelang 2,1 GHz dan 2,3 GHz Karena Kepadatan Trafik

Sebelumnya, pada Jumat (29/9) bulan lalu, Kemkominfo telah membuka lelang, atau seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,1 GHz dan 2,3 GHz. D Selengkapnya

Pemerintah buka lelang frekuensi 2.1 GHz dan 2.3 GHz

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengumumkan telah menerbitkan Peraturan Menteri (PM) Nomor 20 Tahun 2017 tentang Selengkapnya

Akhirnya, Frekuensi 2,1 dan 2,3 GHz Siap Dilelang

Blok kosong di frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz yang biasa digunakan untuk layanan 3G serta 4G, akhir akan segera di lelang dalam waktu dekat. Selengkapnya

Jangan Lagi Rekam dan Biarkan Wanita Telanjang di Jalanan

Kepolisian meminta masyarakat lebih peduli jika menemukan lagi seorang wanita yang nekat telanjang di muka umum, seperti yang terjadi pada w Selengkapnya

comments powered by Disqus