FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
22 02-2017

705

Cara Pemerintah Benahi Persoalan Harga Pangan Lewat Aplikasi

Kategori Sorotan Media | rosidah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menilai permasalahan pangan tidak cukup hanya dengan keberadaan infrastruktur semata. Namun demikian, perlu ada upaya dan langkah lebih dalam guna mengentaskan persoalan tersebut sehingga masyarakat tidak lagi terbebani hal seperti ini.

Adapun permasalahan harga pangan di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Persoalan ini memang perlu ditekan sedemikian rupa mengingat memiliki pengaruh terhadap pergerakan inflasi.

Menurut Menko Perekonomian Darmin Nasution, membenahi permasalahan pangan tak cukup dengan infrastruktur yang mulus tapi juga perlu masuk ke area menekan rantai pasok yang selama ini terlalu mengular.

Terkait persoalan ini, Darmin menginginkan adanya upaya yang semakin masif penggunaan aplikasi untuk menekan rantai pasok. Darmin mengklaim sudah berdiskusi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

"Saya sudah bicara dengan Rudiantara, kita enggak bisa cuma membangun infrastruktur Palapa Ring dan kita mulai harus membangun aplikasi," kata Darmin, dalam rapat kerja Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Selasa, 21 Februari 2017.

Nantinya, lanjut Darmin, aplikasi tersebut bukan hanya berisi mengenai harga dari para pengumpul saja. Namun, juga akan ada alamat serta nomor telepon para pengumpul. Adapun persoalan selama ini lantaran petani kebingungan untuk memasarkan hasil panennya dan terpaksa menjual dengan harga yang murah kepada para tengkulak.

Akibatnya, masih kata Darmin, nilai tukar petani makin merosot. Bahkan parahnya, harga jual kebutuhan pokok tetap mahal karena para tengkulak memainkan harga dengan cara menimbun pasokan. Maka, Darmin ingin adanya aplikasi distribusi pangan agar tengkulak tak beraksi lebih jauh.

"Susah kalau panen dulu terus baru cari pembeli (pengumpul), yang ada penekan (tengkulak) yang datang," jelas dia.

Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/eN47A2oK-cara-pemerintah-benahi-persoalan-harga-pangan-lewat-aplikasi

Berita Terkait

Tolak Bitcoin, Pemerintah Dukung Penggunaan Blockchain

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan menolak keberadaan transaksi uang digital, Bitcoin, di Indone Selengkapnya

Kemenkominfo Gandeng Perusahaan India Bangun Jaringan di 2.000 Desa

Vihaan Networks Limited (VNL), penyedia peralatan dan telekomunikasi asal India, akan membantu pemerintah dalam program pengembangan konekti Selengkapnya

Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat, Pemerintah Bikin Progam Ini

Hasil survei CIGI-Ipsos 2016 menunjukkan, sebanyak 65 persen dari 132 juta pengguna internet di Indonesia percaya dengan kebenaran informasi Selengkapnya

Penyebaran Konten Keislaman Paling Tinggi Lewat Smartphone

Penerbitan dan penyiaran yang memuat konten keislaman di era millenial ini mengalami perkembangan yang positif. Produksi dan penyebaran kont Selengkapnya

comments powered by Disqus