FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
16 03-2017

866

Kominfo Tercepat Eksekusi Program Kerjasama Pemerintah-Badan Usaha

Kategori Berita Kementerian

Jakarta, Kominfo- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai penanggung jawab proyek kerjasama pemerintah dan badan usaha dalam kategori Proses Transaksi Tercepat. Piagam penghargaan tersebut diterima langsung Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam acara Stakeholders Gathering 2017 yang digelar oleh Kementerian Keuangan, di Jakarta, Selasa (14/03/2017) malam.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kementerian Kominfo karena dinilai berhasil menjadi lembaga kementerian yang tercepat dalam mengeksekusi Proyek Palapa Ring Paket Barat. Proyek Palapa Ring adalah proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik Nasional yang ditujukan demi pemerataan akses pitalebar (broadband) di Indonesia. Paket Barat menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.

Menteri Rudiantara menyatakan Palapa Ring betujuan untuk melayani daerah non-financially feasible (tidak layak secara bisnis/keuangan), di mana pemerintah berperan menyediakan penjaminan dan merupakan kerjasama Pemerintah Badan Usaha pertama di sektor telekomunikasi. “Saat ini Proyek Palapa Ring Paket Barat telah mencapai 60 persen. Diharapkan Semester II Tahun 2017, seluruh Paket Barat bisa rampung,” kata Menteri Rudiantara.

Dalam acara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan apresiasi kepada stakeholders, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika yang senantiasa memberikan masukan serta dukungannya atas setiap kebijakan Kemenkeu.

"Saya tahu stakeholders yang hadir pada malam hari ini adalah para stakeholders yang ikut berkontribusi untuk bisa mengembalikan kredibilitas APBN, kita perlu untuk menjaga ini bukan dalam artian kita tidak ingin membelanjakan uang, namun kita perlu untuk membelanjakan yang secara cermat dengan perencanaan yang baik," jelas Menkeu.

Menteri Sri Mulyani menambahkan capaian-capaian di bidang ekonomi yang telah didapat oleh Kemenkeu, tidak lepas dari kerja sama yang baik ini. "Kementerian Keuangan memiliki banyak sekali stakeholders atau pemangku kepentingan, dan pertemuan ini tujuannya adalah untuk mengenalkan lebih banyak dan juga tentu memelihara silaturahmi dan hubungan dengan seluruh pemangku kepentingan, yang tentu banyak sekali berhubungan dengan fungsi dan tanggung jawab dari Kementerian Keuangan," ungkap Menkeu.  (FS)

comments powered by Disqus