FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
19 03-2017

724

Bandung Usung Aksi Basmi Hoax

Kategori Berita Kementerian

Bandung,  Kominfo – Penyebaran hoax atau informasi palsu di media sosial kian marak. Sejak media sosial menjadi tren dan digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat, opini dan pandangan setiap orang dapat dibagi secara langsung tidak peduli apapun latar belakangnya. Kesetaraan dan kesempatan yang sama di media sosial memungkinkan setiap orang berbagi dan menulis apa saja di akun miliknya sendiri. Hoax seringkali disebar oleh orang yang tak bertanggung jawab dan banyak direspons oleh pengguna media sosial. Bukan hanya hoax, tak jarang ada yang menggunakannya untuk menyebarkan fitnah dan hasutan.

Pemerintah peduli terhadap kemunculan dan pesebaran informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya atau hoax. “Pemerintah concern terhadap merebaknya hoax di berbagai media sosial. Saringlah sebelum sharing," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam Aksi Bandung Basmi Hoax (ABBAH) di Areal Car Free Day, Jl. Juanda, Dago Bandung, Minggu (19/3/2017).

Menurut Dirjen Niken, dalam menghadapi berita bohong (hoax) diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan literasi masyarakat terhadap informasi. "Agar dapat memilih dan memilah, memproduksi dan mendistribusi informasi yang sehat, serta sekaligus memerangi berita bohong  atau hoax," tegasnya.

Aksi Bandung Basmi Hoax (ABBAH), menurut Dirjen IKP ditujukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung gerakan anti-hoax. "Sekaligus literasi masyarakat terhadap informasi 3E+1N , yakni education, enlightment, empowering, dan nationalism," kata Niken seraya mengakhiri sambutan dengan mengucapkan terima kasih atas dukungan dalam penyelenggaraan acara ini kepada Pemerintah Kota Bandung, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), Komunitas Anti-Hoax Facebook, Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoax, Komunitas Bandung Heritage, Bicons, Komunitas Sahabat Kota (KSK), dan Komunitas Hong.

Dalam acara yang berlangsung di area car free day itu juga dimeriahkan dengan Senam Sehat Anti-Hoax dan jalan santai bersama masyarakat dan mitra Kemkominfo (Kelompok Informasi Masyarakat,  Komunitas Blogger, Komunitas Anti-Hoax Bandung). Di akhir acara diisi dengan Deklarasi Masyarakat Anti-Hoax Regional Bandung.

Turut hadir dalam kegiatan itu Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa Gun Gun Siswadi,  Isteri Walikota Bandung Atalia Praratya, Pakar IT  Onno W Purbo Pakar, dan Ketua KPID Jabar Dedh Fardiah. (ddh)

comments powered by Disqus