FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 03-2017

    26102

    RDF Ciptakan Kolaborasi Pengembangan Ekosistem TIK

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Denpasar, Kominfo – International Telecommunication Union (ITU) menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam pengembangan ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Menurut Direktur Biro Pengembangan Telekomunikasi (BDT) ITU Brahima Sanou, Regional Development Forum adalah salah satu cara yang tepat agar terciptanya dialog inklusif antara seluruh pihak yang terlibat dalam ekosistem TIK.

    "Para pembuat kebijakan, regulator, sektor privat, dan seluruh stakeholders ekosistem TIK butuh adanya dialog yang inklusif dan kolaboratif untuk mencapai pengembangan di bidang sosial-ekonomi. RDF ini adalah forum yang tepat," papar Sanou pada Regional Development Forum di Bali, Senin (20/01/2017).

    Lebih lanjut Sanou memaparkan bahwa ITU telah melaksanakan berbagai pertemuan untuk meningkatkan kolaborasi lintas sektor dalam pengembangan ekosistem TIK, di antaranya penggunaan teknologi perangkat bergerak untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tidak menular (non-communicable disease NCDs), peningkatan inovasi demi penyetaraan dan peningkatan kualitas pendidikan, serta adopsi pendekatan strategis untuk memaksimalkan penggunaan TIK di bidang agrikultur.

    Senada dengan ITU, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Farida Dwi Cahyarini juga memandang pentingnya pertemuan bagi para pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan untuk saling berbagi pengalaman dan potensi di bidang TIK dari negaranya masing-masing.

    “Saya berharap forum ini dapat memberi kesempatan bagi para delegasi untuk saling berbagi pengalaman, inisiatif, serta potensi di bidang TIK agar menambah wawasan delegasi lainnya untuk berkontribusi dalam strategi nasional bidang TIK di negara masing-masing,” papar Farida.

    Forum RDF ini merupakan awal rangkaian kegiatan yang diikuti dengan Regional Preparatory Meeting (RPM) antar negara di kawasan Asia-Pasifik pada 21 – 23 Maret 2017. Rekomendasi dan inisiatif regional yang dihasilkan pada RPM tersebut akan dipaparkan pada Oktober nanti di World Telecommunication Development Conference 2017 di Buenos Aires, Argentina.

    Dibagi menjadi empat sesi, forum RDF ini membahas antara lain mengenai kerjasama inisiatif regional untuk mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), peluang dan tantangan dalam pemanfaatan TIK untuk connected society, serta stimulasi dalam hal inovasi ekonomi digital. (VE/VY)

    Berita Terkait

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Kunjungan ke Surakarta, Menteri Budi Arie Akan Bahas Percepatan Ekosistem 5G

    Consensus Announcement 5G merupakan salah satu pilar TIK untuk mempercepat Transformasi Digital di Indonesia. Selengkapnya

    Lanjutkan Program Prioritas Nasional, Kominfo Percepat Pemerataan Akses Internet

    Kementerian Kominfo capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik termasuk adanya Selengkapnya

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA