FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 03-2017

    4423

    Pembukaan Pendaftaran Diklat Teknis Manajemen Perubahan Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2017

    Kategori Pengumuman | vera002

    Biro Kepegawaian dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melaksanakan Diklat Teknis Manajemen Perubahan Tahun 2017 Bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Kominfo. Gambaran umum pelaksanaan Diklat serta prosedur pendaftaran Diklat Teknis Manajemen Perubahan sebagai berikut : 

    A.  Tujuan Diklat Teknis Manajemen Perubahan

    Membentuk pola pikir dan perilaku aparatur serta budaya organisasi yang mampu menjawab tantangan permasalahan dan menjalankan program kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika yang selaras dengan arah Pembangunan Pemerintah, sekaligus menghasilkan kader agen perubahan yang berorientasi pada tujuan (objective driven).

    B. Pembagian Kelompok Diklat Teknis Manajemen Perubahan

    1.    Kelompok I (Bidang Pelayanan) dengan materi:

    a.    Pembangunan Karakter PNS;

    b.    Pelayanan Publik; dan

    c.    Good Government Governance (GGG).

    2.    Kelompok II (Bidang Pengelolaan Program dan Anggaran) dengan materi:

    a.    Manajemen Risiko;

    b.    Manajemen Proyek; dan

    c.    Good Government Governance.

    3.    Kelompok III (Paket Eksekutif) 

    C. Tempat Pelaksanaan

    1.     Pusdiklat Kementerian Kominfo, Jalan Raya Kelapa Dua Nomor. 49 D, Kelapa Dua – Kebon Jeruk, Jakarta 11550

    2.     Rumah Perubahan, Jalan Mabes 2 Pondok Melati, Jati Murni – Bekasi (untuk Paket Eksekutif)

    D. Tanggal Pelaksanaan sebagai berikut:

    1.      Kelompok Bidang Pelayanan

    25 April s.d 13 Mei 2017

    2.      Kelompok Bidang Pengelolaan Program dan Anggaran

    25 April s.d 13 Mei 2017

    3.      Kelompok Eksekutif (akan ditentukan kemudian)

    E.  Pembicara

    1.    Rudiantara (Menteri Kominfo)

    2.    Rhenald Kasali, Pakar Manajemen Perubahan

    3.    Kementerian PAN dan RB

    4.    BPKP

    5.    KPK

    6.    Dewan Ristek Nasional

    7.    Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kominfo

    8.    Suprawoto, Widyaiswara Utama Kominfo

    9.    Pakar Manajemen Risiko

    10. Pakar Manajemen Proyek

    11. Para Praktisi di bidang Pelayanan

    12. Para Praktisi di bidang Pengelolaan Program dan Anggaran,

    13. Tim Rumah Perubahan 

    F.  Persyaratan Peserta

    1.    Kelompok I (Bidang Pelayanan):

    a.    PNS di lingkungan Kominfo

    b.    Berasal dari Unit Kerja Ditjen SDPPI, PPI, Aptika, IKP, Setjen (KPI, KIP, Dewan Pers)

    c.    Usia maksimal  kelahiran Tahun 1972 (Tahun 2017 berusia 45 tahun)

    d.    Sehat jasmani rohani

    e.    Berpendidikan Minimal S1

    f.     Sekurangnya telah 1 tahun bekerja dalam bidang Pelayanan kepada masyarakat baik langsung maupun tidak langsung (dibuktikan dengan uraian tugas dan SK Jabatan)

    g.    Lulus penilaian Kuesioner Pendaftaran Peserta

     

    2.    Kelompok II (Bidang Pengelolaan Program dan Anggaran):

    a.    PNS di lingkungan Kominfo

    b.    Berasal dari Bagian Umum, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, SPI dan APIP, Pengelola Program,Anggaran, danPengelola Pengadaan Barang dan Jasa di Setiap Unit Kerja Eselon I

    c.    Usia maksimal kelahiran Tahun 1964 (Tahun 2017 berusia 53 tahun)

    d.    Sehat jasmani rohani

    e.    Berpendidikan Minimal D3

    f.    Sekurangnya telah 1 tahun bekerja dalam bidang Pengelolaan Program dan Anggaran (dibuktikan dengan uraian tugas dan SK Jabatan sebagai Pengelola Program/ Anggaran/ Pengadaan Barang dan Jasa)

    g.    Lulus penilaian Kuesioner Pendaftaran Peserta

     

    3.    Kelompok Eksekutif:

    a.    PNS di lingkungan Kominfo

    b.    Seluruh Pejabat Struktural Eselon I di Lingkungan Kominfo

    c.    Seluruh Pejabat Struktural Eselon II di Lingkungan Kominfo

    d.    Sehat jasmani rohani

    e.    Mendapat penugasan dari Menteri 

    G. Teknis Penjaringan

    Pendaftaran Peserta Dibuka untuk menjaring 100 Peserta di Kelompok I dan II:

    1.    Bidang Pelayanan (Diklat Pembentukan Karakter PNS, GGG, Pelayanan Publik) = Total yang akan dipanggil berjumlah 60 orang terbagi 3 kelas @20 orang. Komposisi Peserta : Unit Kerja Ditjen SDPPI (30), PPI (10), Aptika (8), IKP (6), Setjen (6) (KPI, KIP, Dewan Pers).

    2.    Bidang Pengelolaan Program dan Anggaran (GGG, Manajemen Risiko, Manajemen Proyek) = Total yang akan dipanggil berjumlah 40 orang terbagi 2 kelas @20 orang. Dari keseluruhan peserta yang mendaftar, peserta yang akan dipanggil hanya berjumlah @ ≥ 5 orang dari tiap Unit Kerja.

    3.    Paket Eksekutif = yang akan dipanggil adalah seluruh Pejabat Struktural Eselon I dan II di Lingkungan Kominfo.

    Untuk Point 1 dan 2, Setiap Unit Kerja agar dapat mengirimkan lebih dari jumlah yang ditentukan untuk mengikuti seleksi melalui pengisian kuesioner. Peserta yang dipanggil adalah sejumlah kuota yang ditentukan dan memiliki nilai tertinggi berdasarkan hasil penilaian kuesioner dari setiap Unit Kerja.

    H. Teknis Penjaringan Peserta

    Teknis Penjaringan Peserta melalui Kuesioner bekerjasama dengan PDSI (kecuali untuk Es. I dan II langsung atas penugasan Menteri). Modul terkait bahan ajar diklat dapat dibuka di link ini. Pegawai yang akan mendaftar melalui pengisian kuesioner agar mengisi form di link berikut ini

    Isian pendaftaran tersebut diterima secara online pada tanggal 13 April 2017 pukul 18.00 WIB. Seluruh jawaban bersifat rahasia. Jawaban yang diberikan oleh kandidat peserta diklat hanya digunakan untuk seleksi peserta.

    Seleksi akan dilakukan oleh Tim Panel dimana nama dan identitas lain dari kandidat tidak akan diinformasikan di dalam proses seleksi untuk meningkatkan objektivitas hasil seleksi.

     Hasil akhir seleksi diklat akan diumumkan melalui Web Kominfo pada tanggal 20 April 2017 dan agar dapat ditindaklanjuti dengan SuratTugas dari tiap Satker

     Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

    Sdr. C. Hardika (Pusdiklat): 081932601446
    Sdr. Rr. Eka Restu (Pusdiklat): 08170822815

    Sdr. Radita (Rowai): 081318437977

    Berita Terkait

    Pengumuman Panitia Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Kementerian Komunikasi dan Informatika

    Selengkapnya

    Pengunduran Diri Pasca Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2023

    Selengkapnya

    Pengumuman Penetapan Kelulusan Peserta Pengganti Dari Peserta Lulus Yang Mengundurkan Diri Pada Seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kementerian Komunikasi Dan Informatika Tahun Anggaran 2023

    Selengkapnya

    Pengunduran Diri Pasca Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kementerian Komunikasi Dan Informatika Tahun Anggaran 2023

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA