FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 04-2017

    2990

    Menkominfo: Hoax Bukan Hanya Isu Nasional!

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo- Berita hoax atau fake news diyakini oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bukan hanya menjadi isu nasional tapi juga isu global dunia. "Kita perlu stategi untuk memaksa agar hoax tidak lagi jdi isu nasional tapi global," ungkapnya dalam Diplomatic Forum: Media Mainstream VS Media Sosial, di Hotel Milenium Jakarta, Kamis (27/4/2017).

    Menkominfo menambahkan berita hoax lebih banyak ditemukan di media sosial dibanding media mainstream. "Hal ini karena di media mainstream ada cover both side. kalau media sosial orang lempar isu saja," tambahnya.

    Persoalan yang terjadi terkait berita hoax digambarkan Rudiantara seperti lingkaran setan. Orang melempar isu di media sosial, kemudian menimbulkan persiangan di media mainstream terutama  media elektronik  yang kemudian mengangkat isu dari medsos ke TV melalui running text. "Hal ini kemudian yang disebut lingkaran setan sehingga kita perlu memutusnya," katanya. 

    Hal ini kemudian memunculkan inisiasi yang melahirkan masyarakat anti hoax. "Beberapa pemerintah daerah seperti di Pemda Kalimantan Barat yang menginisiasi masyarakat anti hoax, juga Pemda Kalimanta Barat yang juga mendeklarasikan perang melawan hoax," jelasnya.

    Menkominfo berharap semua pihak baik Dewan Pers, PWI, AMSI, Masyarakat bersama-sama memerangi berita hoax atau fake news. "Media mainstream mulai menemukan ruang baru untuk menjadi rujukan dalam perangi hoax. Dewan pers juga mendorong konstituennya untuk melawan hoax. Begitu juga dengan PWI yang menggagas pembentukan Jaringan Wartawan Anti Hoax (Jawah)," ujar Rudiantara.

    Beberapa narasumber turut hadir pada Diplomatic Forum antara lain Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson, Penasihat Bidang Komunikasi dan Informasi UNESCO Dr. Ming-Kuok Lim, Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo, Dijen Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti dan Duta Masyarakat Anti Fitnah Anita Wahid. (VE)

     

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Awas Hoaks! Bantuan Dana Peserta BPJS Kesehatan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata informasi bantuan dana Rp125 juta untuk peserta BP Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA