SIARAN PERS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
No : 62/HM/KOMINFO/05/2017
Tentang
Apel Siaga Kesiapan Bidang Telekomunikasi dan Penyiaran Menghadapi Ramadhan
dan Idul Fitri 1438H
Kementerian Komunikasi dan Informatika berikut Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) dan seluruh operator seluler (Telkomsel, Indosat, XL, H3I, SmartFren, SmartTel, Sampoerna Telekom) akan melakukan Apel Kesiapan Bidang Telekomunikasi dan Penyiaran dalam memastikan performansi jaringan telekomunikasi dan kesiapan penyiaran khususnya untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik lebaran dan arus balik lebaran 2017 termasuk kesiapan Pos dan dukungan kompomen masyarakat terkait seperti ORARI dan RAPI.
Kegiatan pengujian akan dilakukan dalam rentang waktu pada bulan Mei 2017 pada : (1) titik keberangkatan mudik (Jakarta, Batam, Balikpapan), (2) jalur mudik dan arus balik (kereta api dan jalur darat), serta (3) titik kedatangan mudik (Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Padang, Lampung, Semarang)
Parameter jaringan yang di uji antara lain :
- Coverage & Signal Strenght : Cakupan Jaringan & Kualitas Sinyal Seluler.
- Layanan Teleponi Dasar : Tingkat kesuksesan panggilan (Successfull Call Ratio & Block Call Ratio) serta kontinuitas panggilan (Drop Call Ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)
- Layanan Pesan Singkat (SMS) : Tingkat kesuksesan pengiriman pesan (Successfull SMS Delivery Ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)
- Layanan Mobile Internet : Tingkat kesuksesan akses internet (HTTP Successfull Attempt) serta Kualitas Layanan Internet (Data Throughput, Network Latency, Packet Loss)
METODE PENGUJIAN :
Pengujian dilakukan bersama-sama maupun secara mandiri (self-asesment) dengan ketentuan sebagai berikut:
- Pengujian dilakukan pada hari kerja di periode jam sibuk yaitu pukul 08.00 – 20.00 sesuai waktu setempat.
- Menggunakan metode drive test (kondisi bergerak) pada jalur mudik dan arus balik serta metode stationary test (kondisi diam) pada titik keberangkatan/kepulangan mudik (bandara, pelabuhan, terminal, stasiun) serta pusat keramaian dalam kota (innercity).
- Ketentuan pengambilan sampel dan pelaksanaan pengujian untuk layanan teleponi dan layanan pesan singkat mengacu pada PM Kominfo Nomor 16 Tahun 2013 tentang Standar Kualitas Pelayanan Jasa Teleponi Dasar pada Jaringan Bergerak Seluler.
- Kondisi Bergerak (Mobile) :
Pengujian terus menerus sepanjang rute untuk Coverage & Signal Strenght, Layanan Teleponi Dasar, Layanan Pesan Singkat (SMS) dan Layanan Mobile Internet.
(a) Untuk Coverage & Signal Strenght dilakukan monitoring terus menerus.
(b) Untuk pengujian layanan panggilan suara, dilakukan dengan melakukan panggilan selama 1 menit dengan jeda 10 detik dan diulang selama rute perjalanan.
(c) Untuk pengujian layanan SMS, dilakukan dengan melakukan pengiriman SMS dengan jeda 10 detik dan diulang selama rute perjalanan.
(d) Untuk pengujian layanan mobile internet dilakukan dengan unduh file terus menerus ke website tertentu
- Kondisi Diam (Stationary) :
Prosedur yang hampir sama dengan Drive Test tetapi dilakukan di lokasi keramaian seperti Bandara, Stasiun, Dermaga, dan lain sebagainya.
Pengecekan #1 : Titik Keberangkatan Mudik (3 Kota)
Titik Keberangkatan Mudik : Jakarta
- Stasiun Kereta Api : Stasiun Gambir & Stasiun Senen
- Terminal Bus : Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogadung Dan Terminal Kalideres
- Pesawat Terbang : T1, T2 & T3 Bandara Soekarno Hatta & Halim Perdana Kusuma
- Kapal Laut :Pelabuhan Tanjung Priok
Titik Keberangkatan Mudik : Batam
- Pesawat Terbang :Bandara Hang Nadim Batam
- Kapal Laut / Ferry : Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Punggur, Harbour Bay, Waterfront (Nongsa)
Titik Keberangkatan Mudik : Balik Papan
- Terminal Bus : Terminal Bus Batu Ampar
- Pesawat Terbang :Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan
- Kapal Laut :Pelabuhan Semayang
Pengecekan #2 : Jalur Mudik & Arus Balik (Jalur Kereta Api & Darat)
- Rute 1 : Kereta Api - Jalur Utara
Drive Test : Kereta Api Jakarta - Surabaya
- Rute 2 : Kereta Api - Jalur Selatan
Drive Test : Kereta Surabaya – Bandung - Jakarta
- Rute 3 : Jalur Darat Jakarta – Semarang
Drive Test : Jakarta – Cipali – Brebes – Semarang
Static Test : Rest Area Cijambe Km39, Rest Area Karawang Km57,
Rest Area Cikopo – Palimanan Km102, Gerbang Tol Palimanan,
Rest Area Palimanan-Kanci Km 207, Rest Area Kanci-Pejagan Km 247, Brebes Exit, Pemalang Exit
- Rute 4 : Jalur Darat Jakarta –Lampung
Drive Test : Jakarta - Merak- Bakauheni - Bandar Lampung
Static Test : Rest Area Km13, Rest Area Km42, Pelabuhan Merak,
Pelabuhan Bakauheni
Pengecekan #3 : Titik Kedatangan Mudik (7 Kota)
Drive Test : Surabaya Innercity (Jalan Tol/Utama , Keramaian Kota Surabaya,Jembatan Suramadu)
Static Test : Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Terminal Bus Osowilangun, Terminal Bus Bungurasih, Bandara Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak
Drive Test : Makassar Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Makassar)
Static Test : Bandara, Terminal Bus, Pelabuhan
Drive Test : Padang Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Padang)
Static Test : Bandara, Terminal Bus, Pelabuhan
Drive Test : Medan Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Medan)
Static Test : Stasiun Medan, Bandara Kuala Namu, Terminal Bus, Pelabuhan Belawan
Drive Test : Bandung Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Bandung)
Static Test : Bandara Husein Sastranegara,Stasiun Kiaracondong, Stasiun Hall Bandung, Terminal Bus Leuwing Panjang, Terminal Bus Cicaheum
Drive Test : Semarang Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Semarang)
Static Test : Bandara A. Yani, Pelabuhan Semarang, Stasiun Semarang, Terminal Bus Semarang
Drive Test : Lampung Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Lampung)
Static Test : Bandara Raden Inten, Stasiun Tanjung Karang,Terminal Bus Rajabasa
Pengujian #4 : Fasilitas Pendukung Mudik
Kunjungan Ke Semua Operator Seluler Dan Operator Telekomunikasi Lainnya (20-24 Juni 2017) Untuk Mengecek :
- Pelayanan Pelanggan & Call Center
- Distribusi Voucher
- Network Operation Center (Command Center)
- Disaster Recovery Management
- Fasilitas Pendukung Lainnya
Contact Person/Koordinator Kegiatan :
M. Imam Nashiruddin (imam@brti.or.id/+628558899001), Komisioner BRTI, selaku Ketua Tim Sampling dalam Rangka Pengendalian dan Pengawasan Penyelenggaraan Telekomunikasi.
Jakarta, 23 Mei 2017
Biro Humas, Kementerian Komunikasi dan Informatika