FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 05-2017

    2502

    Apel Siaga Kesiapan Bidang Telekomunikasi dan Penyiaran Menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1438H

    SIARAN PERS NO: 62/HM/KOMINFO/05/2017
    Kategori Siaran Pers

    SIARAN PERS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
    No : 62/HM/KOMINFO/05/2017
    Tentang
    Apel Siaga Kesiapan Bidang Telekomunikasi dan Penyiaran Menghadapi Ramadhan
    dan Idul Fitri 1438H

     

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berikut Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) dan seluruh operator seluler (Telkomsel, Indosat, XL, H3I, SmartFren, SmartTel, Sampoerna Telekom) akan melakukan Apel Kesiapan Bidang Telekomunikasi dan Penyiaran dalam memastikan performansi jaringan telekomunikasi dan kesiapan penyiaran khususnya untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik lebaran dan arus balik lebaran 2017 termasuk kesiapan Pos dan dukungan kompomen masyarakat terkait seperti ORARI dan RAPI.

    Kegiatan pengujian akan dilakukan dalam rentang waktu pada bulan Mei 2017 pada : (1) titik keberangkatan mudik (Jakarta, Batam, Balikpapan), (2) jalur mudik dan arus balik (kereta api dan jalur darat), serta (3) titik kedatangan mudik (Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Padang, Lampung, Semarang)

    Parameter jaringan yang di uji antara lain :

    • Coverage & Signal Strenght : Cakupan Jaringan & Kualitas Sinyal Seluler.
    • Layanan Teleponi Dasar : Tingkat kesuksesan panggilan (Successfull Call Ratio & Block Call Ratio) serta kontinuitas panggilan (Drop Call Ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)
    • Layanan Pesan Singkat (SMS) : Tingkat kesuksesan pengiriman pesan (Successfull SMS Delivery Ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)
    • Layanan Mobile Internet : Tingkat kesuksesan akses internet (HTTP Successfull Attempt) serta Kualitas Layanan Internet (Data Throughput, Network Latency, Packet Loss)

    METODE PENGUJIAN :

    Pengujian dilakukan bersama-sama maupun secara mandiri (self-asesment) dengan ketentuan sebagai berikut:

    • Pengujian dilakukan pada hari kerja di periode jam sibuk yaitu pukul 08.00 – 20.00 sesuai waktu setempat.
    • Menggunakan metode drive test (kondisi bergerak) pada jalur mudik dan arus balik serta metode stationary test (kondisi diam) pada titik keberangkatan/kepulangan mudik (bandara, pelabuhan, terminal, stasiun) serta pusat keramaian dalam kota (innercity).
    • Ketentuan pengambilan sampel dan pelaksanaan pengujian untuk layanan teleponi dan layanan pesan singkat mengacu pada PM Kominfo Nomor 16 Tahun 2013 tentang Standar Kualitas Pelayanan Jasa Teleponi Dasar pada Jaringan Bergerak Seluler.
    • Kondisi Bergerak (Mobile) :

    Pengujian terus menerus sepanjang rute untuk Coverage & Signal Strenght, Layanan Teleponi Dasar, Layanan Pesan Singkat (SMS) dan Layanan Mobile Internet.

    (a)    Untuk Coverage & Signal Strenght dilakukan monitoring terus menerus.

    (b)   Untuk pengujian layanan panggilan suara, dilakukan dengan melakukan panggilan selama 1 menit  dengan jeda 10 detik dan diulang selama rute perjalanan.

    (c)    Untuk pengujian layanan SMS, dilakukan dengan melakukan pengiriman SMS  dengan jeda 10 detik dan diulang selama rute perjalanan.

    (d)   Untuk pengujian layanan mobile internet dilakukan dengan unduh file terus menerus ke website tertentu

    • Kondisi Diam (Stationary) :

          Prosedur yang hampir sama dengan Drive Test tetapi dilakukan di lokasi keramaian seperti Bandara, Stasiun, Dermaga, dan lain sebagainya.

    Pengecekan #1 : Titik Keberangkatan Mudik (3 Kota)

    Titik Keberangkatan Mudik : Jakarta

    • Stasiun Kereta Api : Stasiun Gambir & Stasiun Senen
    • Terminal Bus  : Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogadung Dan Terminal Kalideres
    • Pesawat Terbang : T1, T2 & T3 Bandara Soekarno Hatta & Halim Perdana Kusuma
    • Kapal Laut  :Pelabuhan Tanjung Priok

    Titik Keberangkatan Mudik : Batam

    • Pesawat Terbang         :Bandara Hang Nadim Batam
    • Kapal Laut  / Ferry      : Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Punggur, Harbour Bay, Waterfront (Nongsa)      

    Titik Keberangkatan Mudik : Balik Papan

    • Terminal Bus  : Terminal Bus Batu Ampar
    • Pesawat Terbang :Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan
    • Kapal Laut  :Pelabuhan Semayang                

    Pengecekan #2 : Jalur Mudik & Arus Balik (Jalur Kereta Api & Darat)

    • Rute 1 : Kereta Api - Jalur Utara

                Drive Test       : Kereta Api Jakarta - Surabaya

    • Rute 2 : Kereta Api - Jalur Selatan

                Drive Test       : Kereta Surabaya – Bandung - Jakarta

    • Rute 3 : Jalur Darat  Jakarta – Semarang

                Drive Test       : Jakarta – Cipali – Brebes – Semarang

                Static Test       : Rest Area Cijambe Km39, Rest Area Karawang Km57,

                                          Rest Area Cikopo – Palimanan Km102, Gerbang Tol Palimanan,

                                           Rest Area Palimanan-Kanci Km 207, Rest Area Kanci-Pejagan Km 247, Brebes Exit, Pemalang Exit

    • Rute 4 : Jalur Darat Jakarta –Lampung

                Drive Test       : Jakarta - Merak- Bakauheni - Bandar Lampung

                Static Test       : Rest Area Km13, Rest Area Km42, Pelabuhan Merak,

                                          Pelabuhan Bakauheni

    Pengecekan #3 : Titik Kedatangan Mudik (7 Kota)

    • Surabaya & Sekitarnya

                Drive Test       : Surabaya Innercity (Jalan Tol/Utama , Keramaian Kota Surabaya,Jembatan Suramadu)

                Static Test       : Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Terminal Bus Osowilangun, Terminal Bus Bungurasih, Bandara Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak

    • Makasar & Sekitarnya

                Drive Test       : Makassar Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Makassar)

                Static Test       : Bandara, Terminal Bus, Pelabuhan

    • Padang & Sekitarnya

                Drive Test       : Padang Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Padang)

                Static Test       : Bandara, Terminal Bus, Pelabuhan

    • Medan & Sekitarnya

                Drive Test : Medan Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Medan)

                Static Test : Stasiun Medan, Bandara Kuala Namu, Terminal Bus, Pelabuhan Belawan

    • Bandung& Sekitarnya

                Drive Test : Bandung Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Bandung)

                Static Test : Bandara Husein Sastranegara,Stasiun Kiaracondong, Stasiun Hall Bandung, Terminal Bus Leuwing Panjang, Terminal Bus Cicaheum

    • Semarang& Sekitarnya

                Drive Test : Semarang Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Semarang)

                Static Test : Bandara A. Yani, Pelabuhan Semarang, Stasiun Semarang, Terminal   Bus Semarang

    • Lampung& Sekitarnya

                Drive Test : Lampung Innercity (Jalan Tol/Utama & Keramaian Kota Lampung)

                Static Test : Bandara Raden Inten, Stasiun Tanjung Karang,Terminal Bus Rajabasa

    Pengujian #4 : Fasilitas Pendukung Mudik

    Kunjungan Ke Semua Operator Seluler Dan Operator Telekomunikasi Lainnya (20-24 Juni 2017) Untuk Mengecek :

    • Pelayanan Pelanggan & Call Center
    • Distribusi Voucher
    • Network Operation Center (Command Center)
    • Disaster Recovery Management
    • Fasilitas Pendukung Lainnya

    Contact Person/Koordinator Kegiatan :

    M. Imam Nashiruddin (imam@brti.or.id/+628558899001), Komisioner BRTI, selaku Ketua Tim Sampling dalam Rangka Pengendalian dan Pengawasan Penyelenggaraan Telekomunikasi.

     

    Jakarta, 23 Mei 2017

    Biro Humas, Kementerian Komunikasi dan Informatika

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 271/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Berantas Judi Online, Pemerintah Segera Bentuk Gugus Tugas Terpadu

    Pembentukan gugus tugas itu bertujuan menyelesaikan permasalahan judi online secara lebih menyeluruh dengan mempertajam koordinasi antarkeme Selengkapnya

    Siaran Pers No. 270/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Butuh 4 Juta Talenta, Menteri Budi Arie Ajak Industri Cetak Ahli Keamanan Siber

    Bagi dunia usaha, implementasi keamanan siber dapat memberikan perlindungan dari ancaman pencurian dan kebocoran data. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 269/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo Dorong Kolaborasi Perkuat Tata Kelola Keamanan Siber Nasional

    Menteri Budi mendorong kolabrasi dalam mengembangkan tata kelola keamanan siber, khususnya di sektor industri. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 268/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Harap Kehadiran Starlink Dorong Inovasi Operator Seluler

    Guna menciptakan persaingan yang setara antar perusahaan penyelenggara layanan telekomunikasi, Menteri Budi Arie memastikan Starlink harus m Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA