FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 05-2017

    1112

    Menkominfo: 300-an Mobile BTS dan Aplikasi Disiapkan untuk Mudik

    Kategori Sorotan Media | fadhil

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan akan ada 300-an mobile menara Base Transceiver Station (BTS) disiapkan saat mudik. Kominfo juga turut serta menyiapkan aplikasi mudik.

    "Dari telekomunikasi teman-teman operator seluler akan menambah 300 lebih mobile BTS," tutur Menkominfo Rudiantara.

    Hal itu disampaikan dalam jumpa pers usai Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017/1438 H di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017). Hadir pula dalam rapat Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa serta pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

    Menkominfo menjelaskan mobile BTS artinya BTS yang bergerak yang bisa dipindah sesuai dengan lokasi kemacetan pemudik.

    "Kami mendapatkan potensi titik kemacetan baik dari Kementerian Perhubungan maupun dari Polri, itu sudah disiapkan tadi pagi apel siaga. Itu yang pertama," imbuhnya.

    Kedua, lanjut Menkominfo, menambah kenyamanan informasi dari masyarakat sedang dikembangkan aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat yang mudik bisa mengetahui misalnya lokasi terdekat pom bensin, rest area, tempat makan, pos kesehatan, pos operator telekomunikasi dan lain sebagainya.

    "Yang ketiga, secara berkala rata-rata seminggu sekali sampai dengan seminggu menjelang Lebaran menteri-menteri akan menyampaikan informasinya seperti ini. Bukan hanya masalah transportasinya tapi juga dari sisi kesiapan inventori logistik dan harga pangan," jelas Menkominfo.

    Menkominfo menambahkan konferensi pers terjadwal selama Ramadan hingga menjelang Lebaran pada tanggal 28 Mei, 2 Juni, 5 Juni, 12 Juni akan disampaikan terus menerus informasi dari berbagai kementerian yang terkait dengan Ramadan dan mudik Lebaran.

    "Kalau kita bicara tentang pangan, nanti Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian. Ini kebetulan sekarang bicara mengenai masalah pergerakan orang. Karena diperkirakan Lebaran ini ada 19 juta orang bergerak mudik. Kenaikannya itu lebih kurang 5 persen dibanding tahun lalu," tandasnya.

    (nwk/fdn)

    Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3509472/menkominfo-300-an-mobile-bts-dan-aplikasi-disiapkan-untuk-mudik

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA