FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 05-2017

    1217

    Kominfo Siapkan 'Google Maps' Khusus Mudik

    Kategori Sorotan Media | fadhil

    Jakarta, CNN Indonesia -- Sudah menjadi rutinitas tahunan bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar uji jaringan sejumlah operator. Namun, untuk tahun ini, tak hanya menyiapkan jaringan, Kominfo juga menyiapkan aplikasi untuk menambah kenyamanan pemudik tahun ini.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan instansi dan operator seluler untuk membuat aplikasi terintegrasi.

    Rencananya, aplikasi ini akan memberikan informasi layaknya Google Maps yang akan memberikan keterangan lokasi SPBU, rest area terdekat.

    Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa menunjukkan lokasi posko terdekat yang dibangun operator. Seperti diketahui, banyak posko mudik dibangun oleh para operator hingga merek makanan selama akhir bulan Ramadan hingga musim arus balik rampung.

    "Ada yang barangkali mau dipijat, beli pulsa dan lain sebagainya daripada masing-masing operator membuat dan nanti masyarakat jadi bingung bagaimana kalau dibuatkan sesuatu yang terintegrasi. Teman-teman operator kan punya posko ratusan," kata Rudi.

    Sebelumnya, dia juga mengatakan bahwa aplikasi ini akan mampu memberikan informasi cuaca. Sehingga, pemudik bisa menghindari daerah yang kondisinya tidak diinginkan.

    Sayangnya, Rudi belum bisa mengungkap nama aplikasi tersebut. Rencananya, aplikasi lokal ini akan diluncurkan paling lama dua pekan sebelum Lebaran.

    "Dalam dua minggu paling lama 2 minggu sebelum lebaran aplikasi ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Jadi mudiknya lebih nyaman," pungkasnya. (tyo)

    Sumber: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170523120129-213-216648/kominfo-siapkan-google-maps-khusus-mudik/

    Berita Terkait

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    Kominfo Ajak Difabel Wujudkan Transformasi Digital Inklusif

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional untuk di Selengkapnya

    Kominfo siapkan langkah strategis dukung AI

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung pemanfaatan kecerdasan buatan, atau artificial i Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA