FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 05-2017

    1064

    Jelang Mudik, Kominfo Periksa Kesiapan Operator

    Kategori Sorotan Media | fadhil

    Suara.com - Menjelang bulan Ramadan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan apel siaga dalam rangka memeriksa kesiapan para penyelenggara telekomunikasi dalam menghadapi musim mudik 1438 H.

    Dijelaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Lebaran merupakan kegiatan rutin masyarakat Indonesia. Dikarenakan pentingnya momen ini, ia meminta operator senantiasa siaga.

    "Lebaran kan kegiatan rutin. Saat lebaran banyak masyarakat perkotaan yang pulang ke daerah asalnya. Nah, saya minta operator tetap fokus untuk menjaga kualitas telekomunikasi," ujarnya di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (23/5/2017).

    Selain itu, ia menjelaskan bahwa jajarannya akan menyelenggarakan tes jaringan di beberapa titik kepadata mudik. Hasil dari pengetesan itu akan dijadikan acuan bagi operator untuk menambah kapasitas jaringan.

    Kegiatan pengujian akan dilakukan hingga menjelang lebaran di titik keberangkatan, jalur mudik serta titik kedatangan mudik.

    "Dalam tes ini kita gunakan parameter latency karena penggunaan data terus meningkat dibandingkan suara. Data kami perkirakan akan menjadi favorit pemudik," lanjutnya.

    Di tempat yang sama, Iman Nasiruddin selaku Ketua Tim pengujian, mengatakan bahwa tes ini dilakukan agar masyarakat dapat tetap terlayani selama musim mudik. Secara khusus, ia menyebut Pemalang akan menjadi kota yang makan mengalami kelonjakan data karena akan menjadi akses keluar tol.

    "Kita perkiraan peningkatan penggunaan data mencapai 150 persen. Setidaknya dibutuhkan 300 unit Mobile BTS untuk kebutuhan mudik," lanjutnya.

    Sumber : http://www.suara.com/tekno/2017/05/23/131940/jelang-mudik-kominfo-periksa-kesiapan-operator

    Berita Terkait

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA