FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 05-2017

    1094

    Menkominfo ajak operator selular maksimalkan layanan saat mudik

    Kategori Sorotan Media | anggi

    Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) serta seluruh operator selular mengadakan apel kesiapsiagaan jaringan telekomunikasi menjelang arus mudik.
    Acara ini bertujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan jaringan telekomunikasi operator selular. Pasalnya, di momen-momen seperti ini dipastikan trafik komunikasi akan tinggi khususnya di beberapa wilayah yang dilalui pemudik.

    Di tahun ini, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, diprediksikan pemudik akan banyak menggunakan transportasi udara. Pernyataan itu berdasarkan perkiraan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

    Maka, untuk mengantisipasi hal itu, dia meminta kepada seluruh operator selular memfokuskan di bandar udara yang dianggap sebagai jalur pemberangkatan pemudik.

    "Lebaran itu sesuatu yang rutin. Yang harus diantisipasi oleh teman-teman operator adalah barangkali lebaran ini, mudik ini banyak masyarakat Indonesia yang bergerak atau mudik menggunakan pesawat terbang," jelas Menkominfo saat apel kesiapsiagaan di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Selasa (23/5).

    "Jadi saya minta temen-temen operator fokus pada titik-titik pemberangkatan. Jadi di bandara-bandara seperti di Jakarta yakni di Cengkareng, Halim, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali," tambah dia.

    Meski begitu, bukan berarti sarana transportasi lain tak dipikirkan. Seperti di stasiun kereta api, pelabuhan, dan jalur-jalur darat lainnya. Jalur-jalur tersebut pun pihaknya telah meminta operator selular untuk memberikan perhatian juga. Misalnya saja di titik-titik jalur pantura.

    "Untuk titik tertentu kalau misalnya tahun lalu di Brebes Exit (Brexit), beralih ke arah lebih timur ya, nah itu teman-teman operator selular membawa mobile Base Transceiver Station (BTS). Totalnya bisa mencapai 300 mobile BTS," ungkap pria yang akrab disapa Chief RA ini.

    Kegiatan pengujian akan dilakukan dalam rentang waktu pada bulan Mei 2017 pada titik keberangkatan mudik, jalur mudk dan arus balik, dan titik kedatangan mudik. Parameter jaringan yang diuji di antaranya, cakupan jaringan dan kualitas sinyal, layanan telpon dasar, layanan pesan singkat, dan layanan mobile internet. [ega]

    Sumber : https://www.merdeka.com/teknologi/menkominfo-ajak-operator-selular-maksimalkan-layanan-saat-mudik.html

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA