FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 05-2017

    1626

    Jadi Perhatian Nasional, Bupati Anas Kian Genjot Smart Kampung

    Kategori Sorotan Media | novaldi

    Apalagi baru saja Banyuwangi terpilih menjadi 25 kabupaten/kota di Indonesia, yang dipilih oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), untuk didampingi dalam penerapan konsep Smart City.

    Banyuwangi dipilih salah satunya karena telah menerapkan smart kampung. Program teknologi informasi yang berbasis di desa, untuk meningkatkan pelayanan publik dan menggerakkan ekonomi lokal.

    "Saat ini Banyuwangi telah menjadi perhatian nasional. Banyak daerah yang berkunjung ke sini untuk belajar. Karena itu, kami harus terus belajar dan meningkatkan pelayanan publik," kata Anas.

    Anas menginstruksikan agar Camat dan Kepala SKPD, terus belajar dan berinovasi. Bupati berusia 43 tahun tersebut mengintruksikan agar desa-desa, lebih menerapkan Smart Kampung dengan lebih spesifik dan terukur.

    Tiap kecamatan harus memiliki desa dengan keunggulan yang spesifik, dan bisa menjadi pilot project. Misalnya di Desa Telemung, bisa menjadi Smart Kampung Kopi, karena di desa tersebut memiliki potensi kopi rakyat.

    Desa Banjar yang terkenal dengan gula aren (gula merah), bisa menjadi pilot project Smart Kampung Aren, dan desa-desa lainnya dengan potensi yang khas di daerahnya.

    "Tiap kecamatan minimal ada empat desa yang menjadi pilot project. Jadi kalau ada 25 kecamatan, ada 100 desa yang bisa menjadi pilot project. Apalagi tiap desa sudah dialiri fiber optik, sehingga teknologi informasi dan komunikasi sudah tidak menjadi masalah," kata Anas.

    Bahkan Anas mengatakan, Agustus mendatang tiap kecamatan digelar lomba Smart Kampung, yang pesertanya adalah desa-desa. Dengan demikian, tiap desa akan berlomba-lomba berinovasi untuk meningkatkan pelayanan publiknya.

    "Sehingga nanti kalau ada kunjungan dari daerah, tidak hanya ke kabupaten. Tapi bisa kunjungan ke desa-desa," kata Anas.

    Dengan demikian di HUT Kemerdekaan RI Agustus mendatang, rakyat telah merdeka dengan pelayanan yang smart di tingkat desa.

    Anas menginginkan desa-desa menjadi etalase kemajuan daerah, dengan one village one produk.

    "Kita harus bisa memberikan pelayanan yang cepat dan terukur pada masyarakat," kata Anas.

    Source:http://surabaya.tribunnews.com/2017/05/23/jadi-perhatian-nasional-bupati-anas-kian-genjot-smart-kampung

    Berita Terkait

    Tingkatkan Manfaat Teknologi AI, Kominfo Siapkan 3 Langkah Strategis

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan, banyak platform bisnis yang disurvei menyebut bahwa kecerdasan buatan atau Selengkapnya

    Sekjen Kominfo: Pejabat Fungsional Harus Bekerja Cepat, Adaptif dan Inovatif

    JAKARTA, koranindonesia.id – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyatakan penyetaraan Selengkapnya

    Kominfo Luncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) meluncurkan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema # Selengkapnya

    Berau Terima Bantuan Jaringan Internet dari Kominfo

    Kabupaten Berau mendapatkan bantuan jaringan internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA