FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 05-2017

    1226

    Kominfo periksa jaringan telekomunikasi hadapi Ramadan 2017

    Kategori Sorotan Media | fadhil

    JAKARTA (IndoTelko) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar apel siaga untuk memeriksa kesiapan jaringan telekomunikasi jelang Ramadan dan Lebaran 2017.

    Apel siaga yang rutin setiap tahunnya diadakan ini melibatkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) dan operator seluler (Telkomsel, Indosat, XL, H3I, SmartFren, SmartTel, dan Sampoerna Telekom).

    "Apel ini acara rutin untuk meningkatkan layanan jaringan telekomunikasi khususnya pada musim lebaran. Karena mudik merupakan fokus kita semua, karena selain spesifik jumlah pemudik juga masif," kata Menkominfo Rudiantara saat membuka Apel Siaga Kesiapan Jelang Ramadhan dan Lebaran di Lapangan Kantor Kominfo, Selasa (23/5) seperti disiarkan laman resmi kementrian tersebut.

    Diperkirakan akan terjadi lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan moda pesawat terbang. "Kereta api tidak tinggi lonjakannya karena kapasitasnya, begitu juga angkutan darat yang terbatas dari sisi infrastruktur. Meski demikian saya minta operator cek jaringan bukan hanya di bandara, tapi pelabuhan dan terminal juga harus disiapkan dengan baik," harapnya.

    Pengujian (drive test) ini dilakukan untuk memastikan performansi jaringan telekomunikasi dan kesiapan penyiaran khususnya untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik lebaran dan arus balik lebaran 2017 termasuk kesiapan Pos dan dukungan kompomen masyarakat terkait seperti ORARI dan RAPI.

    Kegiatan pengujian akan dilakukan dalam rentang waktu pada bulan Mei 2017 pada : (1) titik keberangkatan mudik (Jakarta, Batam, Balikpapan), (2) jalur mudik dan arus balik (kereta api dan jalur darat), serta (3) titik kedatangan mudik (Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Padang, Lampung, Semarang).

    Parameter jaringan yang di uji antara lain : Coverage & Signal Strenght : Cakupan Jaringan & Kualitas Sinyal Seluler.

    Layanan Teleponi Dasar : Tingkat kesuksesan panggilan (Successfull Call Ratio & Block Call Ratio) serta kontinuitas panggilan (Drop Call Ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)

    Layanan Pesan Singkat (SMS) : Tingkat kesuksesan pengiriman pesan (Successfull SMS Delivery Ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)

    Layanan Mobile Internet : Tingkat kesuksesan akses internet (HTTP Successfull Attempt) serta Kualitas Layanan Internet (Data Throughput, Network Latency, Packet Loss).

    Kominfo juga berencana menyiapkan aplikasi khusus untuk menginformasikan arus mudik yang akan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi seputar mudik. Para pemudik dapat mengetahui SPBU atau tempat istirahat yang berada paling dekat dengannya saat menempuh perjalanan. Aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai pos-pos yang disediakan oleh operator seluler di Indonesia.

    "Jadi, operator tak perlu menghadirkan aplikasi sendiri-sendiri. Masyarakat juga tak bingung apabila sudah ada aplikasi terintegrasi semacam ini, sehingga lebih nyaman," ujarnya.(wn)

    Sumber : http://www.indotelko.com/kanal_lipsus?di=&c=lip&it=kominfo-telekomunikasi-ramadan-2017

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA