FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 06-2017

    2828

    Dalam Kondisi Apa Facebook Bisa Ditutup Kominfo?

    Kategori Sorotan Media | novaldi

    Disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, pemerintah memungkinkan tidak hanya membatasi akun pengguna medsos, melainkan menutup penyelenggaranya pun bisa saja terjadi.

    "Oh iya, betul. Jadi bukan hanya aksesnya yang dibatasi atau ditutup, tetapi penyelenggaranya dimungkinkan ditutup," ucap Rudiantara ditemui usai mengumumkan Fatwa MUI Media Sosial di Kementerian Komunikasi dan Informatika, kemarin.

    Rudiantara menuturkan pada tahap mana pemerintah akan menutup medsos. Keputusan tersebut dilakukan apabila medsos yang bersangkutan dinilai tidak kooperatif menangani konten-konten negatif.

    "Kami meminta kepada seluruh penyelenggara medsos, OTT (Over The Top) pada umumnya, itu bekerjasama yang artinya memberikan service level kalau pemerintah memberikan perlakukan tertentu pada akunnya, ya tolong dilakukan. Jangan yang tidak harus malah diblok seperti Afi Inayah," tuturnya.

    Untuk merealisasikan kerjasama lebih lanjut hingga sosialisasi mengenai Fatwa MUI tentang medsos, Kominfo berencana untuk membicarakannya dengan penyelenggara medsos.

    Tindakan menutup Facebook dkk memang bisa dianggap otoriter, tapi Rudiantara menjelaskan hal tersebut sudah menyangkut khalayak luas. Maka dari itu, sebelum hal itu terjadi, penyelenggara medsos ini disarankan untuk kooperatif dengan pemerintah.

    "Kami meminta kerjasama, kerjasama ini juga untuk kepentingan bangsa," kata Rudiantara. (fyk/fyk)

    Berita Terkait

    110.000 Laporan Rekening Terindikasi Penipuan Online, Cek di Situs Kominfo Berikut

    KOMPAS.com - Sejak Januari 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerima sedikitnya 192.000 laporan rekening yang terindik Selengkapnya

    Kominfo Gandeng Facebook Bikin Chatbot WhatsApp Terkait Covid-19

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) mengumumkan kerja sama dengan Facebook dan Telkom Grup untuk merilis ak Selengkapnya

    Jalin kerja sama, KoinWorks serap talenta Digital Talent Scholarship milik Kominfo

    Guna menjawab kebutuhan talenta di bidang teknologi digital, PT Lunaria Annua Teknologi atau KoinWorks bersama dengan Kementerian Komunikasi Selengkapnya

    Netizen Keluhkan Facebook dan Instagram Error, Begini Reaksi Kominfo

    JAKARTA, iNews.id - Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferdinandus Setu mengatakan pihaknya t Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA