FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2017

    2418

    Facebook dan Instagram Disebut Gantikan Twitter Sebagai Medsos 'Berbahaya'

    Kategori Sorotan Media | anggi

    WinNetNews.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaporkan media sosial (medsos) yang menjadi sarang pelaporan konten negatif dari masyarakat.

    Selama 2016, Twitter menjadi medsos yang paling banyak dilaporkan oleh masyarakat dengan jumlah aduan mencapai 3.211. Lalu di urutan kedua ditempati Facebook dan Instagram dengan 1.375 aduan, YouTube dan Google 1.144 aduan, kemudian Telegram yang hanya 2 aduan.

    Bergeser ke 2017, Twitter tak lagi menjadi medsos 'berbahaya'. Predikat tersebut sekarang ada di tangan Facebook dan Instagram untuk kurun waktu dari Januari sampai Mei 2017.

    Total dalam lima bulan ini, Facebook dan Instagram mendapatkan 270 aduan. Untuk posisi berikutnya diduduki oleh YouTube dan Google dengan 74 aduan, yang dibelakangnya berturut-turut ditempati Twitter dengan 49 aduan, Telegram 45 aduan, dan Line dengan 1 aduan.

    Laporan aduan ini merupakan kombinasi dari berbagai jenis konten negatif, seperti SARA atau kebencian, pornografi, hoax, penipuan online, hingga soal kasus perjudian.

    image0

    Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza mengatakan, pelaporan konten negatif pada tahun ini di medsos cenderung menurun bila dibandingkan dengan tahun lalu.

    "Medsos seperti Twitter pada tahun lalu banyak laporannya tapi pada tahun ini lumayan agak menurun. Begitu juga dengan laporan di medsos Facebook dan Instagram yang mengalami penurunan," ujar Noor.

    Mengenai penurunan laporan ini, Noor belum bisa memberikan jawaban yang pasti. Namun dikatakan dia, masyarakat sudah mulai cerdas dalam mencerna informasi yang masuk, khususnya yang terdapat di medsos.

    "Bahwa masyarakat kalau menemukan ada hoax itu dikatakan tidak men-share lagi, kalau pas awal dulu gak berani mungkin," ucapnya.

    Sumber : https://www.winnetnews.com/post/facebook-dan-instagram-disebut-gantikan-twitter-sebagai-medsos-berbahaya

    Berita Terkait

    Perangi Hoaks, Kemenkominfo Galakkan Literasi Medsos

    REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Proses literasi media sosial perlu dilakukan ke seluruh lapisan masyarakat, baik itu pelajar dan mahasiswa maupun Selengkapnya

    Menkominfo di London sampaikan kebebasan pers Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara akan berbagi pengalaman Indonesia soal kebebasan pers dalam Konferensi Global Keb Selengkapnya

    Netizen Keluhkan Facebook dan Instagram Error, Begini Reaksi Kominfo

    JAKARTA, iNews.id - Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferdinandus Setu mengatakan pihaknya t Selengkapnya

    Kominfo Blokir Akun Instagram Catut Nama TNI

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan telah memblokir akun Instagram yang mencatut nama TNI. Pemblokiran dilakukan kar Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA