FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2017

    1841

    Berawal dari Hoax, Mahasiswa Universitas Negeri Malang Juarai Artikel Pekan Pancasila Nasional

    Kategori Sorotan Media | anggi

    SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Mahfudzi Kusbriharnanto baru saja meraih juara 1 artikel pelajar pekan Pancasila nasional yang diselenggarakan oleh Kominfo RI.

    Mahasiswa D3 Teknik Sipil dan Bangunan itu menceritakan pengalamannya ketika mengikuti kompetisi konten kreatif Bhinneka itu dengan mengusung judul karya Pancasila Melawan Panca Indera.

    "Saat ini kan sedang booming di media sosial dan berita mengenai informasi hoax. Dari situ saya berpikir bahwa internet adalah sasaran panca indera. Penerima informasi mengolah informasi dari segala sumber dengan panca indera mereka. Mereka juga sangat mempercayainya hingga terkadang mengalahkan Pancasila sebagai dasar negara dan saya manfaatkan itu," katanya pada SURYAMALANG.COM, Kamis (8/6/2017).

    Mahasiswa yang hobi menulis dan membuat kutipan itu pun membuat kutipan untuk artikelnya, "Jika kau cinta Indonesia, cintailah Indonesia dari mata hingga turun ke hati. Jika kau ingin berjuang untuk Indonesia, perjuangkanlah Indonesia dari hati hingga turunkan air mata. Tumbuh kembangkan serta raihlah cita-cita bangsa karena cita-cita bangsa setinggi langit. Janganlah batasi hanya setinggi itu."

    Menurut laki-laki kelahiran 27 Februari 1996 itu, menumbuhkan jiwa nasionalisme pada pemuda itu tidak mudah. Kegiatan tersebut bisa menjadi satu cara yang efektif.

    "Media sosial sebaiknya hanya kita ambil positifnya. Namun juga negatifnya jangan langsung dibuang, bisa kita proses lebih lanjut agar menjadi pembelajaran," ujarnya.

    Artikel miliknya sempat menarik perhatian salah satu juri yang sangat penasaran dengan isi di dalamnya. "Panca Indera memang bisa mempengaruhi perpecahan jika informasi yang ditangkap tidak dipikirkan kembali dan hanya disimpulkan begitu saja," tuturnya.

    Karya yang dibuat selama satu minggu itu kemudian berhasil memenangkan kompetisi dan mengalahkan 1.933 peserta dari seluruh Indonesia.

    Sumber : http://suryamalang.tribunnews.com/2017/06/08/berawal-dari-hoax-mahasiswa-universitas-negeri-malang-juarai-artikel-pekan-pancasila-nasional

    Berita Terkait

    Gerakan Bagimu Negeri Usung Semangat Nasionalisme

    Munculnya ancaman dan krisis ideologi yang dihadapi bangsa ini telah mendorong terbentuknya Gerakan Bagimu Negeri. Tujuan Gerakan Bagimu Neg Selengkapnya

    Tangkal Hoax, Pemerintah Imbau Humas Kementerian Gunakan Pendekatan Budaya

    Selengkapnya

    Tangkal Hoax, Pemerintah Imbau Humas Kementerian Gunakan Pendekatan Budaya

    JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengimbau kepada seluruh humas media dari kementerian dan lembaga nega Selengkapnya

    Fadli Zon: tugas BSSN bangun keamanan siber nasional

    Pelaksana Tugas Ketua DPR Fadli Zon menilai desain awal Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memiliki tugas membangun ekosistem keamanan sibe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA