FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 06-2017

    1910

    Pemerintah Luncurkan Aplikasi 'Ayo Mudik', Siap Diunduh

    Kategori Sorotan Media | anggi

    Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika serta sejumlah kementerian lain telah meluncurkan aplikasi yang dinamai aplikasi 'Ayo Mudik'. Aplikasi itu bertujuan mendukung kelancaran masyarakat pada mudik tahun ini.

    Pernyataan itu disampaikan oleh Menkominfo Rudiantara pada acara peluncuran aplikasi yang berlangsung di kantor Kementerian Perhubungan. Acara itu juga dihadiri oleh Menhub Budi Karya Sumadi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

    "Ini aplikasi mudik terpadu pertama di Indonesia. Aplikasi ini memberikan ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik, serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik," ujar Rudiantara di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (15/6/2017).

    Pemerintah Luncurkan Aplikasi 'Ayo Mudik', Siap DiunduhPeluncuran aplikasi 'Ayo Mudik" (Heldania Ultri Lubis/detikcom)

    Rudiantara mengatakan selama ini akses informasi lengkap untuk mudik masih sulit diperoleh. Karena itu, ia berharap aplikasi ini dapat membantu masyarakat luas.

    "Karena ini untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan dalam mudik Lebaran 2017. Aplikasi Ayo Mudik ini juga hasil kolaborasi pemerintah dengan perusahaan startup nasional Kudo," katanya.

    Rudiantara menambahkan pengembangan aplikasi itu dilakukan dalam waktu kurang dari satu bulan. Dia menyebut hal itu dilakukan tak lain untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat luas.

    "Konten dan informasi di dalam aplikasi ini didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk dapat menyajikan konten dan informasi yang terpadu, yaitu Kemenhub, Kominfo, Kemenkes, ESDM, BMKG, Kepolisian RI, dan masih banyak lagi," sebutnya.

    Ia melanjutkan aplikasi ini juga menyajikan informasi tempat atau lokasi yang dibutuhkan oleh pemudik selama dalam perjalanan. Aplikasi ini berbasis peta yang dapat menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidental dari berbagai mitra yang ada.

    "Sehingga para pemudik akan mendapat kemudahan dalam memperoleh berbagai informasi, seperti lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana, serta info lalu lintas terkini," tuturnya.

    Peluncuran aplikasi ini dilaksanakan berbarengan dengan acara gelar pasukan posko angkutan Lebaran terpadu 2017. Aplikasi 'Ayo Mudik' yang dibikin Kudo Digital Solutions ini pun sudah bisa diunduh pemudik secara gratis melalui ponsel pintar berbasis Android via Playstore. 
    (hld/dnu)

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA