SIARAN PERS NO.90/HM/KOMINFO/7/2017
tentang
PEMERATAAN AKSES TELEKOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
MELALUI PROGRAM KPU/USO
Kewajiban Pelaksanaan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) merupakan program pemerataan pembangunan telekomunikasi dan informatika yang diprioritaskan di daerah terluar/perbatasan, desa tertinggal, desa terpencil, daerah rintisan dan daerah yang tidak layak secara ekonomis serta wilayah yang belum terjangkau akses dan layanan telekomunikasi. Menteri Kominfo Rudiantara menyatakan bahwa KPU/USO merupakan kebijakan affirmativePemerintah untuk menghadirkan layanan tekomunikasi broadband ke seluruh pelosok Indonesia yang bersifat Indonesia Centris, jadi tidak lagi Java Centris. Di samping itu, dengan program affirmative ini diharapkan layanan telekomunikasi di manapun tersedia dengan mengedepankan afordabilitas masyarakat tehadap layanan serta tetap menjaga sustainabilitas industri telekomunikasi agar senantiasa mampu memberikan layanan yang berkualitas.
Program teledensitas KPU/USO dilakukan dengan penguatan dari sisi supply dan demand side sehingga gelaran pembangunan TIK tidak hanya mencakup penyediaan infrastruktur telekomunikasi, tetapi juga diarahkan untuk pemberdayaan ekosistem TIK. Penyelarasan tersebut agar terjadi peningkatan adopsi dan e-literasi oleh masyarakat untuk memanfaatkan TIK sebagai pendukung utama aktivitas ekonomi dan produktivitas masyarakat, yang tentunya secara strategis untuk memenuhi amanat Nawa Cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagai informasi, pendanaan KPU/USO merupakan anggaran dari kontribusi penyelenggara jaringan/jasa telekomunikasi yang diperoleh dari pendapatan kotor perusahaan. Sejak tahun 2006, pengelolaan anggaran KPU/USP dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Layanan Umum (BLU) yang kini bernama Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BPPPTI). Kesuksesan program KPU/USO merupakan sinergi dari masyarakat Indonesia sebagai pelanggan layanan telekomunikasi, fasilitasi penyedia jaringan/jasa telekomunikasi, dan penetapan koridor pembangunan oleh pemerintah, di mana hasil dari sinergi tersebut kembali dirasakan oleh masyarakat di wilayah-wilayah prioritas USO.
Sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi atas kesuksesan program KPU/USO, Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tanggal 25 Juli 2017 di Jakarta menyelenggarakan Malam Penghargaan dan Apresiasi KPU/USO 2017 kepada mitra kerja yang terus mendukung keberhasilan pembangunan telekomunikasi dan informatika melalui program KPU/USO. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kominfo Rudiantara, memberikan penghargaan kepada :
NO | LEMBAGA PENERIMA PENGHARGAAN | | KATEGORI |
1 | Tentara Nasional Indonesia | : | Institusi Terbaik dalam Mendukung Program Pemerataan Layanan Selular |
2 | Kementerian Keuangan | : | Kementerian yang Mendorong Efisiensi Proses Bisnis BLU |
3 | PT Telkomsel | : | Wajib bayar Kontribusi KPU/USO Terbaik Tahun Buku 2016 - Klasifikasi Terra |
4 | PT Supra Primatama Nusantara | : | Wajib bayar Kontribusi KPU/USO Terbaik Tahun Buku 2016 - Klasifikasi Giga |
5 | PT Semesta Citra Media | : | Wajib bayar Kontribusi KPU/USO Terbaik Tahun Buku 2016 Klasifikasi Mega |
6 | PT Pasifik Satelit Nusantara | : | Mitra Penyedia Layanan Internet Terbaik |
7 | PT Yudhawira Katulistiwa | : | Mitra Penyedia Layanan Internet Tertertib |
8 | PT AJN Solusindo | : | Mitra Penyedia Infrastruktur Pendukung Terbaik |
9 | PT Surya Energi Indotama | : | Mitra Penyedia Infrastruktur Pendukung Tertertib |
10 | Desa Matutuang, Kecamatan Kepulauan Marore | : | Mitra Pengelola Akses Internet Terbaik |
11 | Dinas Kominfo Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara | : | Mitra Terbaik Kategori Pemerintah Daerah untuk Program Akses Internet |
12 | Dinas Kominfo Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur | : | Mitra Terbaik Kategori Pemerintah Daerah untuk Program Desa Broadband Terpadu |
13 | Dinas Kominfo Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat | : | Mitra Terbaik Kategori Pemerintah Daerah untuk Program Layanan Selular |
Penghargaan khusus diberikan kepada Koesmarihati untuk kategori life time achievement atas kontribusinya selama lebih dari 40 tahun di sektor telekomunikasi di Indonesia. Pada kesempatan itu juga Menteri Komunikasi dan Informatika memberikan penghargaan kepada bank-bank terkemuka yang membantu pengelolaan dana KPU/USO yaitu :
1. Bank BNI
2. Bank Mandiri
3. Bank BRI
4. Bank BTN
5. Bank Bukopin
Dalam forum tersebut, Direktur Utama BPPPTI Anang Latif mengatakan “melalui kegiatan Apresiasi kepada mitra kerja ini, diharapkan seluruh entitas yang terlibat di dalam program KPU/USO akan semakin bersinergi di dalam meningkatkan akuntabilitas, efektivitas dan mutu program KPU/USO, serta mengoptimalkan pemasukan dari sektor Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk digunakan secara optimal bagi kepentingan masyarakat”.
Jakarta 25 Juli 2017
Biro Humas
Kementerian Kominfo
Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya
Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya
Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya
Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya