FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 07-2017

    1727

    Menkominfo Akui Warga Jakarta Terima Internet Lebih Luxury

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    Menkominfo Akui Warga Jakarta Terima Internet Lebih Luxury

    JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan warga Jakarta menerima infrastruktur media digital yang lebih maju dibanding daerah lain di Indonesia.

    Dicontohkan kecepatan internet 7 MB per second yang berlaku di Jakarta dan sekitarnya. Dibanding di wilayah Indonesia Timur 300 KB/second, speed internet di Jakarta kata Rudiantara satu seperdua puluh tiga kali lipat lebih tinggi.

    "Jakarta lebih luxury dalam penggunaan media digital dibanding daerah lain, "ujar Menteri Rudiantara dalam acara Generasi Positive Thinking (Gen Posting) di kampus London School of Public Relation di Jakarta.

    Celakanya, sudah lemot, harga internet per megabite di wilayah Indonesia Timur juga lebih mahal. Kenapa begitu?. Menurut Rudi tidak semua operator internet bersedia membangun Infrastuktur broadband atau internet cepat.

    Dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, Kemenkominfo menyebut baru 450 kabupaten/kota yang memiliki fasilitas broadband.

    Operator sengaja tidak mendirikan infrastruktur (broadband) dengan alasan tidak semua menguntungkan. Sebab satu sama lain kebutuhan masyarakat terhadap media digital berbeda beda.

    "Dan pemerintah tidak bisa memaksa, "jelasnya. Dalam kesempatan itu Rudiantara mengatakan bahwa konten atau isi pesan dan bagaimana cara menyampaikan (pesan) menjadi hal penting.

    Dalam konteks ini adalah media sosial yang berkonten positif, yakni anti tesis dari medsos yang berisi ujaran negatif, hoax, provokasi, pemutarbalikkan fakta dan SARA.

    "Bagaimana tujuan pesan sampai dengan efektif dan efisien, "jelasnya. Rudi memuji gerakan generasi positif thinking (gen posting).

    Adanya hastag posting baik menurutnya sebagai sesuatu yang bagus. Sebab media digital dengan medsos didalamnya merupakan isu yang dihadapi Indonesia saat ini.

    Kendati demikian kepada lima orang pemenang kompetisi gen posting (komik dan video viral), dia mengatakan juara bukan tujuan utama.

    "Justru juara merupakan titik awal untuk mencapai lebih besar, "pungkasnya. Lima pemenang kompetisi gen posting diraih tiga orang dari kelompok komik dan dua orang kelompok video viral.

    Kelimanya mengalahkan 663 karya yang diseleksi juri dan hasil vote di media sosial. Kaldera Ronadhon sebagai juara pertama (komik) mendapat uang tunai Rp 5 juta.

    Kaldera yang mengusung tema sampah berasal dari Jogjakarta. Juara kedua dan ketiga masing masing dapat Rp 3 juta dan Rp 2 juta.

    Sementara juara video viral diraih Tsani Sirotul Munir dari Surabaya dan Agung Juna Hidayat dari Jakarta. Keduanya dianugerahi beasiswa. (wbs)

    Sumber : https://autotekno.sindonews.com/read/1224152/133/menkominfo-akui-warga-jakarta-terima-internet-lebih-luxury-1501053643/13

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA