FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
11 10-2017

116

Digitalisasi UMKM, Bukalapak Kerjasama dengan Kominfo

Kategori Sorotan Media | Evita Devega

Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan Bukalapak kepada pemerintah, melalui program KOMINFO, yaitu “UMKM Go Online” untuk seluruh wilayah Indonesia. Rangkaian roadshow dan edukasi ini akan diadakan di beberapa kota dan  kabupaten dalam periode Agustus 2017 hingga Desember 2019.

Kegiatan roadshow dan edukasi yang diadakan oleh Bukalapak dan KOMINFO ini mengundang lebih dari 250 peserta umum. Target dari edukasi UMKM Go Online sebanyak 20.000 UMKM. Mereka akan dibekali dengan bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis mereka dari proses pengenalan online hingga pemasaran bisnis secara online. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung bersama Bukalapak dan menjadi Pelapak serta anggota komunitas Bukalapak.

 

“Kami melihat tengah terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat di Indonesia, dari konvensional menjadi secara online. Hal ini dikarenakan bisnis online yang tengah diminati oleh masyarakat luas. Melalui kegiatan roadshow ini, kami ingin mengedukasi para pelaku UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia, agar dapat memanfaatkan platform online untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk-produk mereka serta mengembangkan dan mendukung usaha mereka dengan menghubungkan mereka dengan calon pembeli. ” ujar Muhammad Fikri, Head of  Community Management Bukalapak, dalam rilisnya Senin (9/10/2017).

 

“KOMINFO menyambut baik kerja sama serta dukungan Bukalapak. Kegiatan roadshow ini merupakan salah satu bentuk nyata dari program UMKM go online yang memiliki tujuan untuk mewujudkan visi “Digital Energy of Asia”. Melalu kerja sama ini, kami berharap untuk dapat mendigitalisasikan sekitar 8 juta UMKM tersebar di seluruh Indonesia untuk memajukan, meningkatkan inovasi, daya saing serta produktifitas mereka,” ujar Harry Hartono, Kasubdit Peningkatan Kapasitas TIK, Dlt.PI Kementerian KOMINFO.

 

Dengan dukungan dari pemerintah maka kesempatan para UMKM di berbagai pelosok daerah di Indonesia untuk melek digital akan cepat terlaksana dan terus bertambah. Di tahun 2017 ini, Bukalapak telah berhasil merangkul hampir dari dua juta pelapak untuk bergabung dan meningkatkan kinerja mereka di era digital, serta memiliki komunitas yang tersebar di 70 kota di Indonesia.

 

Fikri menambahkan bahwa Komunitas Bukalapak ini juga tergolong aktif dalam memberikan edukasi bagi para UMKM yang belum terakses digital maupun kepada para UMKM yang omset penjualannya masih rendah. Program yang diberi nama Program Kelas Komunitas ini adalah sebuah program dari komunitas Bukalapak untuk komunitas, dimana pemateri adalah para korlap ataupun pelapak senior yang mempunyai badge minimal Calon Juragan. Para pelapak Komunitas Bukalapak akan memberi materi dan membimbing selama 3 bulan kepada para komunitas lain.Program ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan omset, menambah anggota komunitas, serta mempererat anggota komunitas di masing-masing regional.

Sumber: http://metroterkini.com/news/detail/33077/infotech/nondaerah/digitalisasi-umkm-bukalapak-kerjasama-dengan-kominfo

Berita Terkait

Tokopedia Bersama UMKM Bidik Pasar Pengguna Internet di Indonesia

Chief Operating Officer (COO) atau Wakil Direktur Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupaka Selengkapnya

Rudiantara: Tasikmalaya Miliki Desa Broadband

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa) Eko Putra Sandjojo dan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkomin Selengkapnya

Data Registrasi Kartu Prabayar Terkoneksi dengan Disdukcapil

Pelanggan kartu prabayar di Tanah Air mencapai 357 juta. Namun sejauh ini, baru sekitar 88 juta yang melakukan registrasi kartu prabayar. Ke Selengkapnya

27 Ribu Situs Radikalisme-Pornografi Telah Diblokir Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memblokir sebanyak 27 ribu situs yang memuat unsur radikalisme dan pornografi se Selengkapnya

comments powered by Disqus