FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 04-2018

    2842

    2 Masalah yang Mengganjal RUU Data Pribadi

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Dirjen Aptika Semuel Abijani Pangerapan

    Jakarta, - Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi akan segera masuk ke DPR pada Mei 2018. Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Jenderal Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Aprijadi Pangerapan.

    "Bulan depan (Mei) tahun ini juga harusnya sudah finish," kata dia di Jakarta, Selasa, 23 April 2018. Akan tetapi, karena RUU ini tak masuk Prolegnas 2018, maka DPR harus membukakan jalan untuk bisa langsung dibahas.

    Menurutnya, DPR memberi sinyal positif untuk memprioritaskan RUU PDP ini agar rampung. Semuel menjelaskan, dalam perjalanannya, RUU ini mengalami beberapa kali harmonisasi karena adanya perkembangan yang terjadi di lapangan.

    Ia mengatakan dua masalah yang masih harus diselesaikan sebelum masuk ke DPR adalah soal harmonisasi dengan Dukcapil Kemendagri, karena masalah sinkronisasi beberapa hal mengenai data pribadi yang ada di UU Aminduk dan RUU PDP, masih terus diusahakan penyelesaiannya.

    "Ini yang akan saya bicarakan dengan Kemendagri. Hari Kamis ini (26 April) akan ada pertemuan," terang Semuel. Dalam pertemuan nanti, Semuel akan menjelaskan bahwa data pribadi yang ada di RUU PDP tidak akan bertentangan dengan yang ada di UU Aminduk.

     

    Sumber Berita : Viva co.id

    Ia juga menegaskan bahwa keduanya akan saling menguatkan. Selain penyesuaian dengan undang-undang lain, Semuel menambahkan RUU PDP masih menyisakan pekerjaan rumah terkait hukuman bila ada yang melanggar peraturan tersebut.

    Berita Terkait

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    Tips dari Kominfo untuk Melindungi Data Pribadi di Internet

    KOMPAS.com - Ada satu hikmah di balik pandemi Covid-19, yakni menciptakan masyarakat yang lebih "melek teknologi ". Sebab, sebagian besar da Selengkapnya

    Nelayan Didorong Mengantongi Izin Saluran Radio

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berupaya menertibkan penggunaan frekuensi saluran radio (FSR) yang digunakan di kapal-ka Selengkapnya

    5 Alasan Mengapa Data Pribadi Perlu Dilindungi

    Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyebut masyarakat belum memahami pentingnya melindungi d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA