FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 05-2018

    1546

    Rudiantara Buka Suara Soal Persaingan Gojek-Grab di Asia

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Penyedia layanan transportasi daring lainnya, Grab sudah terlebih dahulu melakukan ekspansi di empat negara tersebut. Grab bahkan sudah menancapkan taji di delapan negara di Asia Tenggara. Artinya, akan ada 'perang' bidang transportasi daring di sana.

    Namun menurut Rudiantara, Gojek akan tetap mampu bersaing dengan segala inovasinya, seperti layanan Go-Food, Go-Massage, Go-Clean, dan inovasi lainnya yang akan muncul.

    "Kelengkapan ekosistem produk akan menjadi pembeda strategis dalam berkompetisi. Setidaknya, Gojek sudah menunjukkan hal itu di Indonesia," kata Rudiantara saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (26/5).

    Dengan layanan yang beragam itu, menurut Rudiantara, Gojek akan lebih berpotensi untuk bermitra dengan perusahaan lokal di keempat negara. Kemitraan itu pun bisa berdampak positif dalam perkembangan ekonomi Gojek di Asia Tenggara.

    "Pendekatan Gojek untuk bermitra dengan perusahaan setempat diperkirakan akan mempercepat tingkat economic of scale Gojek dalam konteks regional Asean," ujar Rudiantara.

    Rudiantara mengaku bangga dengan ekspansi Gojek yang notabene dibesut oleh anak bangsa. Ekspansi itu bisa menunjukkan bahwa Indonesia tak hanya menjadi pasar ekonomi digital, melainkan juga sebagai pelaku ekonomi digital.

    "Sebagai unicorn Indonesia yang produknya unik (ride hailing) Gojek pandai melihat pasar kota-kota besar di Asean yang mempunyai karakteristik seperti Jakarta," kata Rudiantara.

    Ekspansi Gojek juga menurutnya akan mendorong korporasi start-up di Indonesia untuk melakukan hal yang sama di Asia Tenggara. Ekspansi itu sendiri akan dilakukan beberapa bulan ke depan.


    Tak tanggung-tanggung, perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini merogoh kocek US$500 juta (sekira Rp7,1 triliun) untuk rencana ekspansi bisnisnya. Untuk memuluskan rencana tersebut, Nadiem akan bekerja sama degan pemerintah dan perusahaan lokal di negara-negara setempat. 

    sumber berita : CNN Indonesia

    Berita Terkait

    Indonesia ajak Perancis bangun konektivitas nasional

    Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak pemerintahan Perancis membahas kerja sama antara dal Selengkapnya

    Hari Nusantara jadi momentum akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA