FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 07-2018

    7286

    Memulihkan Kepercayaan Publik Dengan Mewujudkan Jaksa Sahabat Masyarakat

    Kategori Artikel GPR | jabbar

    Kejaksaan RI genap berusia 58 tahun. Lebih dari setengah abad menjadi lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang, Korps Adhyaksa terus berupaya menjadi sahabat masyarakat. “Kami terus berupaya serta memaksimalkan kualitas penegakan hukum untuk memulihkan dan membangun kepercayaan (trust), sekaligus memenuhi harapan publik yaitu Indonesia yang berkeadilan,” kata Jaksa Agung H.M. Prasetyo.

     

    Tak kenal maka tak sayang, sehingga salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan publik adalah dengan mengenalkan sisi lain Kejaksaan kepada masyarakat luas. Diharapkan dengan mengenal lebih dekat, Jaksa dapat menjadi sahabat yang mendapatkan tempat istimewa di hati masyarakat. “Jaksa Sahabat Masyarakat merupakan upaya membangun kepercayaan publik dalam rangka mewujudkan institusi Kejaksaan yang dihormati, dihargai, dibanggakan dan dibela keberadaannya oleh masyarakat,” ujar Jaksa Agung.

     

    Jaksa Agung mengatakan, membangun kepercayaan publik merupakan fondasi bagi kelancaran dan kesuksesan pembangunan nasional. Lebih dari itu, kepercayaan publik menjadi penentu keamanan dan stabilitas politik suatu negara. “Aparatur Kejaksaan harus mampu menghadirkan serta mewujudkan nilai-nilai keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum yang terukur dan dirasakan hasilnya secara nyata oleh masyarakat,” kata Jaksa Agung.

     

    Sesuai dengan Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia nomor: KEP-120/A/JA/07/2018, Hari Bhakti Adhyaksa ke-58 Tahun 2018 mengangkat tema “Berkarya dan Berbakti Sepenuh Hati Menjaga Negeri”. Tema tersebut dirasakan tepat jika dihubungkan dengan kondisi tantangan aktual penegakan hukum saat ini serta sebagai wujud dukungan Kops Adhyaksa dalam mensukseskan penyelenggaraan agenda nasional yang turut menentukan martabat bangsa antara lain rangkaian tahapan Pilkada Serentak 2018, Asian Games ke-18, Annual Meeting IMF-World Bank di Bali pada bulan Oktober 2018 serta rangkaian tahapan persiapan pemilihan umum 2019. Konsolidasi yang dilakukan Kejaksaan melalui perhelatan Hari Bhakti Adhyaksa merupakan upaya untuk mewujudkan Jaksa Sahabat Masyarakat.


    *Kejaksaan Agung

     

    Berita Terkait

    Forum Bakohumas Kemenkes 2023: Bersama Gaungkan UU Kesehatan kepada Masyarakat

    Selengkapnya

    Menhan Prabowo Melakukan Pertemuan Bilateral dengan Menhan Amerika Serikat

    Selengkapnya

    Kesan Kepala Delegasi G20 Menanam Mangrove

    Selengkapnya

    Pertemukan Investor dan Startup, Wujudkan Indonesia Digital Paradise

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA