FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 08-2018

    3584

    Optimasi Dukungan Layanan Telekomunikasi Penanganan Gempa Lombok

    SIARAN PERS NO. 184/HM/KOMINFO/08/2018
    Kategori Siaran Pers
    Petugas dari Mitra BAKTI Kominfo memasang VSAT di Desa Kayangan Kec. Lombok Utara Kab. Lombok Utara, NTB. Akses VSAT digunakan untuk mendukung komunikasi koordinasi penanganan bencana gempa bumi. - (AYH)

    Siaran Pers No. 184/HM/KOMINFO/08/2018

    Tanggal 17 Agustus 2018

    Tentang

    Optimasi Dukungan Layanan Telekomunikasi Penanganan Gempa Lombok

     

    Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi untuk penanganan gempa Lombok di NTB. Melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Kominfo akan menambah dua titik layanan akses VSAT Portable di Posko ESDM Siaga Bencana dan Bhayangkara Pamenang. 

    VSAT yang akan dipasang di Posko ESDM Siaga Bencana di Kantor Kecamatan Pemenang, Lombok Utara  merupakan relokasi dari layanan Internet VSAT di SMPN 1 Pemenang yang statusnya off air karena kondisi bangunan sekolah yang tidak memungkinkan.  Sementara layanan internet VSAT di Kantor Desa Pemenang yang statusnya off air direlokasi ke Posko Bhayangkara Pemenang, Lombok Utara. 

    Layanan akses internet di SMPN 1 Pemenang dan Kantor Desa Pemenang, keduanya adalah layanan akses internet yang dipasang secara permanen, namun saat ini dalam kondisi off air karena gempa bumi. 

    Sementara itu kondisi layanan telekomunikasi secara umum sudah pulih, meskipun kendala utama yang masih dihadapi adalah pasokan listrik dari PLN yang di beberapa lokasi masih sering padam.

    Hingga hari Jumat (!7/08/2018) pukul 12:00 WIT, tercatat sudah 922 base station site 2G, 3G dan 4G dari 944 base station yang terdampak gempa bumi sudah bisa digunakan dan beroperasi. Masih ada 0,36% atau 22 base station. DItargetkan akhir bulan ini seluruh base station sudah bisa digunakan semua. 

    Di Gilimeno, BTS sudah bisa digunakan setelah penggantian modul rectifier. Sementara di Bayan dan Sembalun sudah bisa digunakan lagi setelah mobilisasi dan pemasangan genset portable. Sementara itu pemantauan terhadap kapasitas jaringan, redirect coverage dan penyelesaian gangguan terus dilakukan untuk memastikan layanan telekomunikasi berlangsung lancar. 

    Berdasarkan pemantauan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Mataram, ditemukenali beberapa konstruksi bangunan di sekitar BTS dalam kondisi tidak aman, namun demikian bangunan itu sudah dibawah pengawasan aparat sehingga dapat dilakukan mitigasi agar tidak memengaruhi keberadaaan BTS.

     

    Bantuan Kemanusiaan

    BAKTI Kominfo bersama mitra juga telah mengumpulkan donasi dalam bentuk uang dan barang. Total uang yang terkumpul sebanyak Rp183 juta dan barang dalam bentuk selimut, 20 dus pembalut wanita, 400 dus susu UHT, 1.500 dus mie instan, 600 dus minuman, biskuit, pampers, karung beras.  Sebagian besar sudah dibagikan ke pengungsi melalui posko penanganan bencana di Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Timur. 

    Sementara itu, inisiatif Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Kominfo menggalang dana melalui kitabisa.com/kominfopedulilombok telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak  Rp50.081.520,00.

     

    Noor Iza
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-350402
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA