FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
19 09-2018

1130

Kominfo Buka 291 Formasi dalam Seleksi CPNS Tahun 2018

SIARAN PERS NO. 229/HM/KOMINFO/09/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 229/HM/KOMINFO/09/2018

Tanggal 19 September 2018

Tentang

Kominfo Buka 291  Formasi dalam Seleksi CPNS Tahun 2018

Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka 291 formasi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018. Sebanyak 6 formasi diperuntukan bagi penyandang disabilitas dan 9 formasi untuk putra/putri dari Papua dan Papua Barat.

Penyandang disabilitas/berkebutuhan khusus dipersyaratkan mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan diskusi. Kementerian Kominfo menerima untuk formasi disabilitas fisik bagian kaki (tuna daksa kaki) dan disabilitas fisik bagian mata (tuna netra).

Khusus bagi pelamar penyandang disabilitas Tuna Netra (Cacat Mata), hanya dapat melamar untuk jabatan Peneliti Ahli Pertama dengan rencana penempatan pada Pusat Penelitian Aplikasi Informatika dan Informasi Komunikasi Publik.

Adapun Putra/Putri Papua/atau Papua Barat dipersyaratkan memenuhi kriteria berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli Papua yang dibuktikan dengan akta kelahiran dan/atau surat  keterangan  lahir dan  diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku. 

Pelaksanaan seleksi didasari Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 54 Tahun 2018 Tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Kominfo. Dari 291 formasi akan ditempatkan pada total 48 nama jabatan yang ada di Kantor Pusat Kementerian Kominfo dan unit pelaksana teknis. 

Tahapan seleksi CPNS Kementerian Kominfo meliputi tiga tahap dengan sistem gugur. Tahap pertama Seleksi Administrasi, selanjutnya tahap kedua Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dengan bobot 40% menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Materi yang diujikan mencakup Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Khusus bagi pelamar formasi penyandang disabilitas, proses verifikasi fisik akan dilakukan pada hari yang sama sebelum Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan.

Kelulusan SKD berdasarkan nilai ambang batas (Passing Grade) yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar pengadaan calon pegawai negeri sipil tahun 2018.  Peserta yang dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang jumlahnya paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai Seleksi Kompetensi Dasar.

Tahap terakhir yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Kelulusan akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika TA 2018 akan diselenggarakan di 3 kota, yaitu BKN Kantor Pusat Jakarta, BKN Kantor Regional IV Makassar dan BKN Kantor Regional IX Jayapura. 

Informasi lengkap mengenai persyaratan dalam seleksi calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika juga dapat diakses melalui website resmi Kementerian Kominfo di https://kominfo.go.id/.

Kementerian Kominfo juga membuka Contact Center sebagai berikut: Telepon (021) 3865189 pada hari Senin s.d. Jumat pukul 08:00 - 16:00 WIB;  WhatsApp: +62 821-2362-6456 (tidak melayani voice dan video call) dan Twitter: @kemkominfo.

 

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-350402
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo

Berita Terkait

Siaran Pers No. 44/HM/KOMINFO/02/2019 tentang Perpanjangan Waktu Konsultasi Publik RPM Kominfo mengenai Tata Cara Penetapan Tarif Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi

Kementerian Kominfo memperpanjang konsultasi publik atas RPM Kominfo tentang Tata Cara Penetapan Tarif Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi. Selengkapnya

Siaran Pers No. 43/HM/KOMINFO/02/2019 tentang Penyelenggara Pos Yang Mendapat Sanksi Teguran Tertulis Pertama dan Sanksi Teguran Melalui Website Pertama

Kementerian Kominfo mempublikasikan sanksi teguran tertulis pertama melalui website terhadap penyelenggara pos (daftar nama terlampir) yang Selengkapnya

Siaran Pers No. 42/HM/KOMINFO/02/2019 tentang Kominfo Rebut Penghargaan Pengelolaan Anggaran Terbaik

Kementerian Komunikasi dan Informatika meraih penghargaan sebagai Lembaga Pemerintah dengan Pengelolaan Anggaran Terbaik untuk Kategori Pagu Selengkapnya

Siaran Pers No. 41/HM/KOMINFO/02/2019 tentang Bangun Talenta Robotik Sejak Dini, Bekal Hadapi Bonus Demografi 2030

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, tahun 2030 Indonesia akan berada di puncak bonus demografi. Sehingga anak bangsa y Selengkapnya