FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 09-2019

    224

    Kembangkan Nasionalisme Milenial, Kominfo Jaring 896 Vlog Bela Negara Masa Kini

    SIARAN PERS NO. 183/HM/KOMINFO/09/2019
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 183/HM/KOMINFO/09/2019

    Senin, 16 September 2019 

    Tentang

    Kembangkan Nasionalisme Milenial, Kominfo Jaring 896 Vlog Bela Negara Masa Kini 

     

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia telah menggelar kompetisi video blogging atau vlog "Bela Negara Masa Kini". Lomba dalam rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia itu berlangsung dari tanggal 13 s.d. 31 Agustus 2019 lalu.  Lomba yang terbuka untuk umum itu berhasil menjaring sebanyak 896 karya blog video atau vlog.

    Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum Keamanan dan HAM, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Bambang Gunawan menyatakan, kompetisi itu ditargetkan agar dapat menambah rasa nasionalisme yang dimiliki oleh pemuda Indonesia. "Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menyebarkan kepada masyarakat konten-konten yang mengangkat bentuk-bentuk bela negara yang diimplementasikan pada masa kini," ujarnya dalam Temu Netizen dan penyerahan hadiah Kompetisi Vlog di Depok, Jawa Barat, Senin (16/09/2019).

    Menurut Direktur Bambang Gunawan,  hal membanggakan bagi Kementerian Kominfo, pengirim video vlog ini ternyata tidak hanya dari kalangan milenial saja, akan tetapi dari berbagai kalangan usia. "Meskipun mayoritas memang kalangan milenial. Yang terpenting adalah masyarakat harus bijak dalam menggunakan gawai dan media sosial. Yang smart jangan cuma HP nya saja, smartphone, tapi penggunanya harus smart," tuturnya.

    Direktur Bambang Gunawan menyampaikan selamat kepada pemenang kompetisi. "Selamat kepada pemenang dan terima kasih kepada seluruh peserta  berpartisipasi dalam lomba vlog ini. Semoga semangat kalian bela negara seperti dalam video yang kalian buat," ungkapnya.

    Ketua Satuan Tugas Bela Negara Dewan Ketahanan Nasional, Toto Siswanto menyatakan kompetisi vlog ini menjadi wahana untuk menyebarluaskan rasa cinta tanah air. "Ini adalah hal yang baik dan harus disampaikan kepada masyarakat luas. Karena ini adalah upaya menyebarkan rasa Cinta kepada Negara melalui wujud Bela Negara yang kekinian," katanya.

    Menurut Toto Siswanto, kompetisi vlog ini dapat menumbuhkan kecintaan dan merangsang aksi nyata dalam membela negara, dalam menghadapi tantangan bernegara saat ini. "Bela Negara saat ini tidak melulu hanya dengan berperang, akan tetapi melalui berbagai profesi dan kegiatan kemasyarakatan," tegas Toto. 

    Inilah Pemenang Kompetisi

    Karya vlog bertemakan "Bela Negara Masa Kini" dalam kompetisi ini diunggah ke akun Instagram atau Youtube pribadi dengan tagar #belanegaramasakini dan mention @terasnegeriku.  Setelah penilaian dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari Hulman Napitupulu dari Wantanas, Pakar Komunikasi, Gun Gun Siswadi serta pegiat media sosial, sutradara dan aktor Dennis Adishwara, terpilih sebagai Juara 1 Kompetisi vlog Bela Negara Masa Kini adalah Daiva Haryanto yang berhak menerima hadiah sebesar Rp25 Juta. Sementara Juara 2, Diego Armando Takaredase, dengan hadiah Rp15 juta dan Juara 3 Subiyanto dengan hadiah sebesar Rp10 juta. Selain itu terdapat 15 peserta lain pemenang favorit yang mendapatkan hadiah hiburan.

    Rangkaian kegiatan Kompetisi Vlog Bela Negara Masa Kini ditutup dengan kegiatan Temu Netizen Bela Negara dan talk show interaktif bersama 100 peserta yang kebanyakan dari vlogger, blogger, serta youtuber.  

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 196/HM/KOMINFO/10/2019 Tentang Proses Pemeriksaan Awal Terhadap Dugaan Pelanggaran Seorang PNS di lingkungan Kementerian Kominfo

    Selengkapnya

    Siaran Pers No.195/HM/KOMINFO/10/2019 tentang Presiden Joko Widodo Meresmikan Pengoperasian Palapa Ring Ditandai dengan Konferensi Video dari Istana Negara Jakarta dengan Pemerintah Daerah di Merauke, Sorong, Rote, Sabang, dan Penajam Paser Utara

    Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, pada hari ini meresmikan beroperasinya Palapa Ring Timur yang telah selesai dibangun bulan Ag Selengkapnya

    Siaran Pers No. 194/HM/KOMINFO/10/2019 Tentang Tarif Jaringan Serat Optik Palapa Ring Timur

    Selengkapnya

    Siaran Pers No. 193/HM/KOMINFO/10/2019 Tentang 55 Peserta Terpilih yang Lolos Tahapan Seleksi Program Dayamaya

    Selengkapnya