FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 08-2012

    2577

    11 Kelurahan Difasilitasi Internet

    Kategori Sorotan Media | admin

    SAMARINDA - Optimalisasi pemberdayaan layanan jasa akses telekomunikasi dan informatikaterus digenjot. Setelah sebelumnya mendapatkan bantuan 5 unit Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK), kali ini melalui Kementerian Kominfo RI, Samarinda kembali mendapat fasilitas Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) sebanyak 11 unit yang akan ditempatkan di 11 kelurahan.

    "Memang internet bukansuatu yang tabu lagi bagi warga Samarinda. Selain warnet sudah banyak, penggunaan internet di ponsel pun sudah memasyarakat. Tapi melalui fasilitas PLIK ini, akan banyak program yang bisa dikembangkan,termasuk nantinya membentuk focus group discussiion(FGD) dengan perwakilan tokoh masyarakat," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Samarinda HM Faisal ketika menjadi narasumber pada Koordinasi dan Sosialisasi Optimalisasi Pemberdayaan Layanan Jasa Akses Telekomunikasi dan Informatika KPU/USO Lintas Perguruan Tinggi, di Hotel Diamond, belum lama ini.

    Di sini, lanjut Faisal masyarakat akan didampingi dalam memanfaatkan PLIK maupun MPLIK yang sudah ada di beberapa titik. Baik itu di bidang pengembangan ekonomi bisnis, sektor pendidikan dan sektor masyarakat.

    "Seperti tadi diutarakan dari rekan Dinas Perindag, PLIK ini bisa dimanfaatkan untuk promosi produk-produk UKM binaan maupun pengembangan produk,"imbuh Faisal.

    Adapun 11 titik PLIK di 11 kelurahan yakni di Jl Trikora No.83 RT 29 Kelurahan Handil Bhaktiyangakan dikelola UKM, Jl S Parman No.1 Palaran akan dikelola KPN Perintis Budaya, Jl Provinsi RT 4 dikelola Klinik Hasanah, Jl KH Wahid Hasyim (Kampus Biru) dikelola CafeWidyagama Mahakam, Jl KH Harun Nafsi No.28 RT 2 dikelola Koperasi Samarinda Seberang, dan Jl Bung Tomo Komplek Perumahan Rel No 3 dikelola UKM.

    Selain itu juga ada di Jl Rotan Syah Blok IV/H5 Perumnas KelurahanAir Hitam dikelola Koperasi Abilarqam, Jl Kadrie Oening Komp Kehutanan RT 20No.44 dikelola UKM, Jl Kebun Raya Tanah Merah RT 8 dikelola Yayasan Ponpes An-Noor, Jl Batu Cermin RT 5 No 51 Sempaja Utara dikelola UKM dan Jl Untung Suropati Km 10 dikelola UKM.

    "Dengan adanya MPLIK dan PLIK ini, bisa menyatukan akses informasi dan komunikasi sehingga tidak terputus untuk semua golongan strata," ucap Faisal lagi.

    Sementara Solichin dan Suhartono sebagai konsultan dari PT Talenta Cipta Sarana yang ditunjuk Kementerian Kominfo RI untuk sosialisasi di Samarinda menyebutkan, koordinasi dan sinkronisasi antarpihak terkait ini sangat diperlukan, dengan harapanbisa didapat konsep program pendampingan yang diinginkan.

    Sebab, koordinasi dan sosialisasi ini mampu memfasilitasi pemberdayaan layanan jasa akses telekomunikasi melalui pendekatan pendampingan pengelolaan dan pengembangan fasilitas PLIK.

    Pendampingan di sini, urainya, mendampingi pengelola dalam menerapkan konsep yang nanti telah terseleksi oleh masyarakat. Harapannya mampu meningkatkan wawasan dan kesejahteraan masyarakat.  (hms2/ms)

    Sumber: http://www.kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=145421

    Berita Terkait

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Tips dari Kominfo untuk Melindungi Data Pribadi di Internet

    KOMPAS.com - Ada satu hikmah di balik pandemi Covid-19, yakni menciptakan masyarakat yang lebih "melek teknologi ". Sebab, sebagian besar da Selengkapnya

    Distrik Airu Kini sudah tersambung Internet

    SENTANI - Distrik Airu yang menjadi bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Jayapura, yang merupakan salah satu daerah tersulit, terdepan Selengkapnya

    Kemenkominfo Latih UMKM dan Desa Wisata Maksimalkan Internet

    Kemenkominfo melatih UMKM dan desa wisata. Untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19, produktivitas masyarakat memang harus tingkatkan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA