FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 02-2014

    6577

    Kominfo Dorong Anak-anak Remaja gunakan internet untuk membantu pendidikan

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kominfo Dorong Anak-anak Remaja gunakan internet untuk membantu pendidikanJakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi harus dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Teknologi tersebut merupakan alat untuk mewujudkan bangsa yang cerdas dan maju. Selain itu, internet dapat memberikan manfaat besar bagi pendidikan, penelitian, niaga, dan aspek kehidupan lainnya.

    "Kita harus mendorong anak-anak dan remaja untuk menggunakan internet sebagai alat yang penting untuk membantu pendidikan, meningkatkan pengetahuan, dan memperluas kesempatan serta keberdayaan dalam meraih kualitas kehidupan yang lebih baik."kata Tifatul saat membuka seminar sehari Internasional Penggunaan Media Digital di kalangan anak dan remaja, di Hotel Borubudur, Jakarta, Selasa(18/2).

    Menurut Tifatul kaum muda selalu tertarik untuk belajar hal-hal baru, namun terkadang mereka tidak menyadari resiko yang dapat ditimbulkan. Penelitian bersama beberapa mitra ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan memastikan bahwa ada keseimbangan resiko dan peluang.

    Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Litbang SDM Kominfo, bekerjasama dengan UNICEF, ditemukan fakta, setidaknya 30 juta anak-anak dan remaja Indonesia merupakan penggunakan internet, dan media digital saat ini menjadi pilihan utama saluran komunikasi yang mereka gunakan. Hasil studi menemukan 80 persen responden yang disurvei merupakan pengguna internet, dengan bukti kesenjangan digital yang kuat antara mereka yang tinggal diwilayah perkotaan dan lebih sejahteraan di Indonesia, dengan mereka yang tinggal di daerah perdesaan dan kurang sejahteraan.

    "Di daerah istimewa Yogyakarta, Jakarta dan Banten, misalnya, hampir semua responden merupakan pengguna internet. Sementara di Maluku Utara dan Papua Barat, kurang dari sepertiga jumlah responden telah menggunakan internet,"katanya

    Menurut Tifatul, studi ini merupakan yang pertama diantara penelitian sejenisnya, dengan keunikan data pada golongan anak dan remaja yang belum pernah menggunakan internet. Kesenjangan yang paling jelas terlihat, di daerah perkotaan hanya 13 persen dari anak dan remaja yang tidak menggunakan internet, sementara daerah perdesaan, menyumbang jumlah 87 persen.

    Mayorita dari mereka yang disurvei telah menggunakan media online selama lebih dari satu tahun, dan hampir setengah dari mereka mengaku pertama kali belajar tentang internet dari teman. Studi ini mengungkapkan bahwa 69 persen responden menggunakan laptop, dan sebagian kecil hanya 2 persen terhubung melalui video game. "Lebih dari setengah responden (52 persen) menggunakan ponsel untuk mengakses internet, namun kurang dari seperempat atau 21 persen untuk smartphone dan hanya 4 persen untuk tablet,"kata Tifatul.

    Lebih lanjut Menteri Tifatul mengatakan penelitian ini mengumpulkan data untuk mengarahkan kebijakan kedepan dalam melindungi hak-hak anak mengakses informasi dan, pada saat yang sama, berbagi informasi dan mengekspresikan pandangan atau ide-ide mereka secara umum.

    "Studi ini didanai oleh UNICEF dan dilaksanakan oleh Kemkominfo dengan menelusuri aktivitas online dari sampel anak dan remaja usia 10-19 tahun sebanyak 400 responden yang tersebar diseluruh negeri dan mewakili wilayah perkotaan dan pedesaan. (Yura)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    Kominfo Akan Luncurkan Pembaruan e-Penyiaran

    Aplikasi e-Penyiaran akan terintegrasi dengan berbagai layanan seperti Online Single Submission (OSS), Sistem Informasi Manajemen Spektrun ( Selengkapnya

    Plt Menkominfo: Bangun Semangat Kebangsaan, Terapkan Nilai Persatuan

    Plt Menkominfo Mahfud MD mengajak seluruh elemen bangsa untuk memaknai kebangkitan nasional dengan berjuang bersama menerapkan nilai persatu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA