FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
30 01-2015

2796

Menkominfo : 2017 TKDN Minimal 40 Persen Untuk Smartphone 4G yang Masuk Indonesia

Kategori Berita Kementerian | brs

Menkominfo : 2017 TKDN Minimal 40 Persen Untuk Smartphone 4G yang Masuk IndonesiaJakarta, Kominfo - Tiga kementerian sepakat untuk menetapkan kebijakan sinergis soal tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) untuk semua ponsel 4G yang masuk ke Indonesia mulai 1 Januari 2017 nanti.

Kesepakatan itu telah dicapai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan. Dalam pertemuan itu Kominfo diwakili oleh Menkominfo Rudiantara dan Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos Informatika Muhammad Budi Setiawan.

"Saya dan Pak Budi Setiawan sudah duduk bersama dengan Pak Rachmat Gobel (Mendag) dan Pak M Saleh (Menperin)‎ agar sinkron soal aturan TKDN," kata Menkominfo Rudiantara usai breakfast meeting di Gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (30/1).

Kebijakan yang sudah disepakati itu adalah kewajiban untuk menghadirkan TKDN minimal 40% untuk smartphone 4G yang masuk ke Indonesia mulai 1 Januari 2017 nanti.

"Kalau kurang dari 40%, Kementerian Perdagangan nggak akan kasih izin. iPhone mau nggak mau juga harus, kalau nggak ya nggak kita izinin. Ini berlaku untuk semua vendor," tegas Rudiantara.

Kebijakan soal TKDN di 4G FDD-LTE ini sejatinya sama dengan kebijakan yang telah dikeluarkan sebelumnya untuk Broadband Wireless Access (BWA) di spektrum 2,3 GHz.

"TKDN itu harus agar Indonesia tak hanya jadi pasar saja di era 4G ini. Apalagi setelah 4G untuk FDD-LTE ini sudah kita buka di 900 MHz dan menyusul di1800 MHz tak lama lagi," pungkasnya.(Ajo)

Berita Terkait

Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Untuk Optimasi Ekonomi Digital Indonesia

Ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai nilai USD 130 Juta pada tahun 2020. Nilai itu setara dengan 12 persen GDP Indonesia pad Selengkapnya

Kominfo Siap Cetak SDM Andal Untuk Adaptasi dengan Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 saat ini telah ramai diperbincangkan di seluruh negara, salah satunya Indonesia. Perubahan tersebut dinilai bisa membu Selengkapnya

Menkominfo Ajak ABDI Kembangkan Talenta Digital Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI) untuk ikut aktif mengembangkan sumberdaya manusia Selengkapnya

Menkominfo Ajak Startup Global Pindahkan Usaha ke Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak perusahaan rintisan digital atau startup digital global untuk memindahkan basis usaha Selengkapnya