FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
05 03-2015

1186

Menkominfo Minta Para Pejabat Humas K/L Memanfaatkan Teknologi Media Sosial

Kategori Berita Kementerian

Menkominfo Minta Para Pejabat Humas K/L Memanfaatkan Teknologi Media SosialJakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta seluruh pejabat hubungan masyarakat (Humas)  di kementerian dan lembaga (K/L) memanfaatkan selain media konvesional juga memanfaatkan teknologi media sosial seperti memiliki akun twiter guna menjalankan tugas kehumasan.

 

“Di dunia yang sangat dinamis ini, sesuatu yang reachable itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat.  Kalau humas harus dua-duanya, akun (Twitter) kantor dan pribadi, dua-duanya harus jalan."kata Rudiantara pada acara Forum Tematik Kehumasan yang bertema Penguatan Kelembagaan Humas Pemerintah Pusat dan Daerah Untuk Mendukung Fungsi Goverment Public Relations (GPR) di Aula Geduang 3 Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/3).

 

Menurut Rudiantara, Kepala humas harus punya, satu untuk urusan kantor, satu untuk pribadi artinya jabatan yang melekat. Selain itu Menkominfo juga mengingatkan kalangan humas agar mengubah pola pendekatan kepada masyarat, yakni dari cara kuno ke modern yang lebih partisipasif.“Bukan jamannya lagi humas pemerintah berinteraksi dengan wartawan, menjaga hubungan dengan  redaktur. Tapi Gunakan teknologi untuk berkomunikasi secara efektif,”tutur Rudiantara.

 

Pada bagian lain Rudiantara mengingatkan adanya perubahan peran humas, dari sekadar memberikan pemahaman. Humas harus mengajak masyarakat menjadi bagian dari proses, sehingga ada jalinan dengan humas. "Dengan demikian masyarakat akan merasa memiliki tanggung jawab, dan melakukan sharing kepedulian kita lebih banyak lagi."katanya

 

Forum Tematik yang diselenggarakan Bakohumas bekerjasama Kementerian Sekneg ini, dan Sekretaris Kabinet ini dihadiri para anggota Bakohumas Pusat maupun Bakohumas Provinsi.

 

Forum tematik ini mengambil tema "Penguatan Kelembagaan Humas Pemerintah Pusat dan Daerah Untuk Mendukung Fungsi Government Public Relations (GPR)" dan dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

 

Selain itu, menghadirkan sejumlah nara sumber diantaranya Menteri Sekretaris Negara Praktikno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Menpan RB Yuddy Chrisnandi, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo dan bertindak sebagai moderator Dirjen IKP/Ketua Umum Bakohumas Pusat Freddy H. Tulung.(Yura)

comments powered by Disqus