FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 04-2015

    34643

    Menkominfo: 5 Tahun Lagi Hanya Ada 4 Operator Seluler

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    Menkominfo: 5 Tahun Lagi Hanya Ada 4 Operator Seluler

    Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, terus mengupayakan efisiensi industri di bawah naungan kementeriannya. Secara khusus untuk efisiensi dalam bidang telekomunikasi, dia berharap jumlah operator seluler di Indonesia bisa berkurang dari 7 menjadi 3 atau 4 dalam lima tahun ke depan.

    Saat ini Indonesia memiliki 7 operator seluler yaitu PT. Hutchison 3 Indonesia (Tri), PT. XL Axiata (XL), PT. Indosat (Indosat), PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Ceria), PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT. Smartfren dan PT. Bakrie Telecom. Kendati demikian, ia tak tahu operator seluler apa saja yang nantinya akan mengakuisisi, diakuisisi, atau melakukan merger.

    Rudiantara mengatakan, efisiensi di bidang telekomunikasi bisa dengan infrastruktursharing hingga kemungkinan terjadinya konsolidasi, merger atau akuisisi. Pemerintah menjami akan memfasilitasinya karena ini akan membuat industri semakin efisien. 

    "Untuk merger atau akuisisi, khususnya operator seluler, dari 7 mudah-mudahan bisa menjadi 3-4 operator dalam 5 tahun ini," jelas Rudiantara saat ditemui usai pemaparan Rencana Strategi Kementerian Kominfo, Jakarta. Ia pun menegaskan bahwa dengan semakin 'rampingnya' operator seluler, maka secara teori skala ekonomi industri tersebut akan turut naik. Karena itu, efisiensinya tidak hanya terhadap industri, tapi juga operator seluler itu sendiri.

    "Soal apakah ada insentif dari pemerintah nantinya, jangan hanya dilihat dari sudut pandang itu saja. Tapi juga efek baiknya untuk industri atau operator itu sendiri," sambungnya.

    Jumlah operator seluler Indonesia sendiri mulai mengalami penurunan, setelah XL secara resmi mengakuisisi Axis pada tahun lalu. Kemudian pada Februari 2015, beredar kabar bahwa Indosat berencana mengakuisisi Tri. Namun saat dikonfirmasi, Group Head Corporate Communication Indosat, Fuad Fachroeddin, menyebut laporan tersebut hanya rumor belaka.

    (din/dew)

    Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/2213054/menkominfo-5-tahun-lagi-hanya-ada-4-operator-seluler

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA