FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 05-2015

    3378

    Kominfo Finalisasi DNS Nasional

    KategoriSorotan Media | sorotan.media

    Kominfo Finalisasi DNS Nasional

    Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara pernah mengutarakan akan membuat DNS Nasional. Rencana ini ternyata sudah memasuki tahap final. Aturan mainnya pun sudah beredar di kalangan penyedia layanan internet.

    Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasitentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer. Singkatnya, DNS menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

    DNS Nasional ini dibuat Kominfo sebagai salah satu cara untuk menangani situsinternet bermuatan negatif. DNS Nasional menjadikan DNS Trust+ Positif sebagai referensi utama dan tersinkronisasi dengan DNS penyelenggara jaringan.

    Rapat yang diselenggarakan pada (23/3) antara Kominfo dengan penyelenggara jaringan menghasilkan keputusan penerapan DNS Nasional.

    Poin-poin aturan yang dikeluarkan Kemkominfo untuk pelaksanaan DNS Nasional sebagai berikut:

    1. DNS Trust+Positif dijadikan sebagai DNS Nasional

    2. Penyelenggara jaringan wajib melakukan sinkronisasi pada DNS Penyelenggara jaringan dengan DNS Trust+Positif

    3. Penyelenggara jaringan telekomunikasi wajib menjamin tearahnya akses internet oleh pengguna DNS Nasional. Oleh karena itu, penyelenggara jaringan wajib melakukan redirection seluruh trafik DNS dari pengguna akhir internet (pelanggan) menuju DNS Nasional.

    4. Pelaksanaan sinkronisasi dan redirection harus sudah diimplementasikan paling lambat pada tanggal 31 Mei 2015.

    5. ISP yang menggunakan jaringan dari penyelenggara jaringan wajib mengikuti proses redirection terhadap DNS Nasional di sisi penyelenggara jaringan.

    6. Pelaksanaan teknis penerapan DNS Nasional harus dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

    Aturan tersebut ditandatangani oleh Menkominfo Rudiantara.

    Sumber: //nusantaran.com/2015/05/12/13441/kominfo-finalisasi-dns-nasional/

    Berita Terkait

    Kementerian Kominfo: Indonesia Harus Jadi "Smart Nation"

    Pergerakan mewujudkan kota/kabupaten di wilayah Indonesia berbasis smart city bukanlah semata-mata untuk kepentingan daerah. Namun, keberada Selengkapnya

    Kominfo undang belasan jurnalis asing kenali demokrasi di Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengundang 14 jurnalis dari sejumlah negara di kawasan Pasifik Selatan dan Afrika untuk mengenali Selengkapnya

    Kementerian Kominfo gandeng milenial sosialisasi "Genbest"

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng para milenial untuk sosialisasi tentang upaya penurunan prevalensi stunting dengan menga Selengkapnya

    Kominfo dan APJII Segera Atur Masalah VPN Ilegal

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) segera berembuk untuk menemukan s Selengkapnya