FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 05-2015

    4309

    Kominfo Finalisasi DNS Nasional

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    Kominfo Finalisasi DNS Nasional

    Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara pernah mengutarakan akan membuat DNS Nasional. Rencana ini ternyata sudah memasuki tahap final. Aturan mainnya pun sudah beredar di kalangan penyedia layanan internet.

    Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasitentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer. Singkatnya, DNS menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

    DNS Nasional ini dibuat Kominfo sebagai salah satu cara untuk menangani situsinternet bermuatan negatif. DNS Nasional menjadikan DNS Trust+ Positif sebagai referensi utama dan tersinkronisasi dengan DNS penyelenggara jaringan.

    Rapat yang diselenggarakan pada (23/3) antara Kominfo dengan penyelenggara jaringan menghasilkan keputusan penerapan DNS Nasional.

    Poin-poin aturan yang dikeluarkan Kemkominfo untuk pelaksanaan DNS Nasional sebagai berikut:

    1. DNS Trust+Positif dijadikan sebagai DNS Nasional

    2. Penyelenggara jaringan wajib melakukan sinkronisasi pada DNS Penyelenggara jaringan dengan DNS Trust+Positif

    3. Penyelenggara jaringan telekomunikasi wajib menjamin tearahnya akses internet oleh pengguna DNS Nasional. Oleh karena itu, penyelenggara jaringan wajib melakukan redirection seluruh trafik DNS dari pengguna akhir internet (pelanggan) menuju DNS Nasional.

    4. Pelaksanaan sinkronisasi dan redirection harus sudah diimplementasikan paling lambat pada tanggal 31 Mei 2015.

    5. ISP yang menggunakan jaringan dari penyelenggara jaringan wajib mengikuti proses redirection terhadap DNS Nasional di sisi penyelenggara jaringan.

    6. Pelaksanaan teknis penerapan DNS Nasional harus dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

    Aturan tersebut ditandatangani oleh Menkominfo Rudiantara.

    Sumber: http://nusantaran.com/2015/05/12/13441/kominfo-finalisasi-dns-nasional/

    Berita Terkait

    Kominfo Gelar Kolaborasi 54 Jam Cipta Solusi Startup Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama penggerak ekosistem startup digital di Indonesia menggelar Global Online Startup Weekend Covi Selengkapnya

    Kominfo Realokasikan Anggaran Rp 478 M untuk Penanganan Corona

    Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyusun refocusing atau penyesuaian postur anggaran untuk APBN 2020 untuk penanganan virus cor Selengkapnya

    Kominfo Temukan 1.125 Hoaks di Medsos Terkait Corona

    Di tengah penyebaran virus corona seperti saat ini, penyebaran hoaks soal corona di media sosial ikut juga menyebar. Kementerian Komunikasi Selengkapnya

    Kominfo Buka 60 Ribu Kursi Beasiswa Digital Talent 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka program beasiswa Digital Talent Scholarship (DTS) 2020. Program yang dibuka Selengkapnya