FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 08-2015

    14194

    Kemkominfo: Internet Jadi Referensi Utama Mengakses Berita dan Informasi

    Kategori Berita Kominfo | andr010

    Internet Jadi Referensi Utama Mengakses Berita dan InformasiJakarta, Kominfo - Social media adalah media dengan konten yang dihasilkan berasal dari pengguna yang disebarkan melalui internet menggunakan teknologi yang mengedepankan keterlibatan (involvement), berbagi (sharing) dan kolaborasi (collaborating).

    Fakta seputar internet dan media sosial menyebutkan, 1 dari 3 keluarga dan relasi kita adalah pengguna internet, sementara 8 dari 10 menggunakan perangkat mobile/gadget untuk mencari informasi melalui internet.

    Demikian diungkapkan Plt. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Djoko Agung Harijadi dalam paparannya berjudul “Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan Informasi Publik” pada acara Pertemuan Jejaring Media Sosial di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jakarta, Kamis (6/8).

    Saat ini, internet telah menjadi referensi utama untuk mengakses berita dan informasi. Media konvensional seperti koran, majalah, tabloid dan lainnya menjadi referensi paling akhir bagi para pencari informasi, kata Djoko.

    Djoko menambahkan, fakta seputar internet dan media sosial lainnya, juga menyebutkan 9 dari 10 pengguna internet memilih mencari informasi melalui sosial media, dan 80 persen dari pengguna internet di Indonesia memanfaatkan situs facebook untuk mencari informasi dan 20 persen lainnya memilih menggunakan twitter.

    Pemanfaatan sosial media ini bersifat transformatif yang artinya memiliki unsur inovasi, transparansi, kolaborasi dan partisipasi warga, paparnya.

    Selanjutnya, diuraikan pula oleh Djoko, bahwa, penetrasi internet di Indonesia dengan jumlah penduduk 252,4 juta sebesar 34,9 persen dengan jumlah pengguna internet sebanyak 88,1 juta orang.

    Pengguna internet tersebar di Di Jawa dan Bali sebanyak 52 juta, Sumatera 18,6 juta, Sulawesi 7,3 juta, Nusa Tenggara-Papua dan Maluku 5,9 juta, serta Kalimantan 4,2 juta, jelas Djoko.

    Djoko juga mengungkapkan, survey yang dilakukan oleh Kemkominfo dan UNICEF pada tahun 2013, menyebutkan ada 3 motivasi utama penggunaan internet oleh anak-anak dan remaja. “Ada tiga motivasi yakni mencari informasi, persahabatan dan hiburan,” kata Djoko.

    Di akhir paparannya, Djoko mengatakan, social media telah membentuk cara baru warga dalam berkomunikasi dan berkolaborasi. Social media juga menawarkan cara yang lebih cepat untuk publik berpartisipasi dalam pertukaran informasi melalui internet.

    Untuk itu, pemerintah tidak dapat bertahan dengan cara komunikasi konvensional jika ingin meraih perhatian dan dukungan publik. Pemerintah harus memanfaatkan social media secara produktif dan efektif untuk memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat, pungkas Djoko (Aak).

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan dan Keamanan Informasi KTT AIS Forum 2023

    Untuk memastikan jaringan telekomunikasi lancar dan aman selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023. Selengkapnya

    Peringatan Kiamat Internet dari NASA, Itu Disinformasi!

    Konon, dalam video disebutkan manusia akan dilanda kondisi di mana koneksi internet tidak dapat dipakai selama berbulan-bulan, bahkan bertah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA