FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 08-2015

    2592

    Menkominfo membuka Layanan 4G LTE Smartfren Advance

    Kategori Berita Kominfo | daon001

    Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Rabu (19/8) di Grand Hyatt  Jakarta, meresmikan komersialisasi layanan 4G LTE untuk  Operator Smartfren .

    Dalam sambutannya, Rudiantara mengatakan komersialisasi 4G LTE dilakukan setelah para operator mendapat sertifikasi Uji Laik Operasi (ULO) dari Kementerian Kominfo, dikatakan pula bahwa Pemerintah dalam hal ini Kominfo sebagai leader disektornya fokus kepada tiga hal, yaitu telekomunikasi, internet, dan penyiaran."ungkap dia.

    Ada 2 hal yang menjadi fokus pemerintah di bidang telekomunikasi adalah yang pertama bagaimana meningkatkan kecepatan internet dan yang ke dua, bagaimana cara mendorong industri telekomunikasi untuk bekerja seefisien mungkin.

    Bagaimana cara memfasilitasi industri adalah dengan meningkatkan komponen lokal dengan mendukung penyelenggaraan 4 G sejak 1 Januari 2015  jadikami tidak hanya fokus pada perangkat keras namun juga pada jaringan. Apalagi menurut Chef RA panggilan akrab Rudiantara, Smartfren hari ini sudah menggelar teknologi Internet mobile 4G LTE Advanced di Jakarta. Kami percaya 4G LTE Advanced membuka banyak kesempatan bagi pelanggan dan selanjutnya mempercepat pertumbuhan sektor industri teknologi informasi dan komunikasi sebagai tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, apalagi teknologi 4G LTE dari Smarfren dengan standar pengantaran data FDD (Frequency Division Duplex) di spektrum frekuensi 850 MHz yang mereka miliki, kemudian TDD (Time Division Duplex) di spektrum 2.300 MHz yang akan dihuni Smartfren dalam waktu dekat.

    TDD punya karakter sangat cepat ketika memberi akses download, tetapi untuk kecepatan akses unggah cenderung lebih lemah.Sementara FDD punya karakter akses download dan upload yang seimbang. Karena standar FDD dipakai Smartfren pada spektrum rendah, maka ini sangat cocok untuk memberi akses pada jangkauan yang lebih luas.Diakhir sambutannya Menkominfo mengatakan bahwa  Masyarakat tidak melihat teknologinya, tetapi bagaimana layanan 4G ini dapat memberi manfaat di semua aspek layanan mulai dari kesehatan, pendidikan, bisnis hingga keperluan nasional pembangunan infrastruktur," ujarnya.(ddh)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Pers Manfaatkan Transformasi Digital sebagai Peluang

    Kemajuan teknologi ini baru bisa dimanfaatkan jika insan pers memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan yang ada dengan menin Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA