FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
26 08-2015

2188

Kemkominfo Sosialisasi Inpres No.9/2015

Kategori Berita Kementerian | Diani Hutabarat

Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan Sosialisasi dan implementasi Instruksi Presiden RI (Inpres) No,9/2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Kegiatan sosialisasi tersebut yang dihadiri seluruh Anggota Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) Pusat itu, dibuka langsung oleh Menteri Kominfo Rudiantara, di Kantor Kemkominfo, Selasa (25/8).

Pada kesempatan tersebut, Menteri Rudiantara meminta, para Humas-humas kementerian/Lembaga/ Pemda bersama-sama Kominfo, Kepala Staf Presiden (KSP) dan Tim Komunikasi Publik (TKP) melakukan komunikasi publik untuk Program Prioritas Pemerintah (Nawacita). "saya berharap dengan fungsi humas ini bisa membantu mengadress ego sektoral Kementerian/Lembaga dengan cara bersatu dan berkoordinasi."kata Rudiantara

Menurutnya, dalam prinsip pengelolaan komunikasi publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memberikan dokumen acuan pelaksanaan komunikasi publik (Narasi tunggal), disamping itu, juga membantu amplikasi komunikasi publik Kementerian/Lembaga/Daerah, untuk program prioritas pemerintah dan melaporkan aktivitas pengelolaan komunikasi publik kepada Presiden secara berkala.

Alur kerja pengelolaan Komunikasi Publik, Menteri Rudiantara menjelaskan yaitu, pengumpulan data dan analisis informasi dari K/L/D, organisasi, riset, kantor berita, media massa, media sosial dan relawan, Kemudian dilakukan verifikasi data dan informasi kemudian menjadi agenda seting berupa Isu disetujui menjadi produksi pesan (konten) kemudian disampaikan melalui Breifing Notes, Siaran Pers, Infografis, Artikel dan Advertorial.

Langkah selanjutnya dilakukan desimansi dengan distribusikan pesan  bisa di Media Massa, media sosial, humas K/L/D, kelompok strategis dan relawan. Langkah berikutnya dilakukan pemantauan, evaluasi, dan Audit Komunikasi.

Rudiantara menyebutkan, Peran K/L/D dalam pengelolaan Komunikasi Publik sesuai Inpres 9/2015, wajib menyiapkan dan menyampaikan data beserta informasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi kepada Kominfo secara berkala.

Kemudian Kominfo melakukan kajian terhadap data dan informasi yang disampaikan K/L/D, melakukan media monitoring dan menganalisa konten media terkait dengan kebijakan dan program pemerintah.

Kominfo bersama Kementerian/Lembaga/Daerah mengkoordinasikan perencanaan, penyiapan, dan pelaksanaan komunikasi publik terkait kebijakan dan program pemerintah, Selanjutnya Kominfo menyusun narasi tunggal terkait dengan kebijakan dan program pemerintah kepada publik sesuai arahan Presiden. Disamping itu, K/L/D bersama kominfo melaksanakan diseminasi informasi publik yang telah disusun melalui saluran komunikasi yang tersedia.

Selanjutnya, Kominfo melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Komunikasi Publik secara berkala, dan Menkominfo melaporkan kepada Presiden RI setiap bulan.

Menkominfo menambahkan dengan keterpaduan berkomunikasi pemeintah secara keseluruhan dan berintegrasi dengan publik ini, maka peran humas K/L/D dapat meningkatkan kemampuan dengan menyesuaikan dinamika yang terjadi saat ini. "Diharapkan 100 program prioritas pemerintah dapat dikomunikasikan kepada masyarakat secara terintegrasi, konferehensif dengan cara komunikasi lebih efektif, karena masing-masing kementerian melakukan komunikasi dengan publik."katanya (JRS)

Berita Terkait

Menkominfo Apresiasi Aplikasi Mobile JKN

Jumlah pengguna telepon pintar di Indonesia yang diperkirakan mencapai 100 juta orang mendorong peluang pengembangan berbagai aplikasi mobil Selengkapnya

Kominfo Dukung Sosialisasi Penggunaan Uang Elektronik

Kementerian Kominfo membagikan kartu uang elektronik kepada karyawan sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan penggunaan uang elektronik. Selengkapnya

Kunjungi Babel, Menkominfo Sosialisasi Kebijakan Respons Isu Hoaks

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bangka Belitung (Babel). Kepala Dinas Komunikasi dan In Selengkapnya

Kominfo Tengah Susun Roadmap dan Regulasi IoT

Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menyusun roadmap (peta jalan) dan regulasi penataan ekosistem Internet of Things (IoT) yang ak Selengkapnya

comments powered by Disqus